Senin, 30 Januari 2012

KUE MANGKOK



Ceritanya nih....beberapa hari yang lalu waktu Umikku datang aku dibawain ragi tape, ketika dirumah ada sisa nasi iseng aku bikin tape nasi beberapa hari kemudian tape nasinya mateng dan lumayan manis... berpikir mo dibikin apa tape nasi itu...kemudian ingat pernah mampir di blognya Cheff Budi Sutomo yang disitu ada kue mangkok yang diresepnya boleh pake tape nasi ato tape singkong...hmm langsung deh masuk dapur untuk nyiapin bahan-bahan yang lain. Buat aku yang namanya bikin kue itu selalu menyenangkan jadi selalu semangat deh klo masuk dapur untuk bikin kue, heheee....









KUE MANGKOK
by. Budi Sutomo



Biang:
100 g tepung terigu
150 ml air
8 g ragi instan

Bahan:
375 g tepung beras
200 g tapai nasi/singkong, haluskan
300 ml air
400 ml santan encer
200 g gula pasir
100 g gula palem
¼ sdt vanili
¼ sdt pewarna merah
1 sdt fruit salt (garam buah) => aku ga pake
¼ sdt garam halus
½ sdt baking powder double acting


Cara Membuat:
1. Campur dan aduk rata semua bahan biang, aduk rata. Diamkan selama 40 menit atau hingga adonan berbuih.
2. Campur tepung beras dengan dengan gula pasir, tape, vanili, garam, dan gula psair aduk rata. Tuang santan, pewarna, baking powder dan garam buah, campur rata.
3. Tuang adonan biang. Ke dalam adonan tepung beras. Aduk rata.
4. Panaskan cetakan kue mangkuk. Tuang adonan ke dalam cetakan. Kukus menggunakan api besar selama 30 menit atau hingga kue matang dan mekar. Angkat. Dinginkan.
5. Keluarkan kue dari cetakkan. Atur di atas piring saji. Hidangkan.








Dan hasilnya sempurna banget....jiaaaaan empuk menul-menul sampe bisa goyang-goyang gitu... bener deh aku ga bo'ong, baru kali ini aku maem kue mangkok empuk gitu. Karena bikinnya kebanyakan sooo aku bagi ke Mbah Uti sebelah rumah daaaaaan komentarnya sama..."empuk banget mbak viviiiiii...bener enak lho, kok bisa sampe menul-menul gitu...." hihiiiiii senengnya....


Akhirnya makasih ya Cheff...ini resep kedua yang pernah aku coba, yang pertama adalah Nogosari dan rasanya juga enak, esiiiip pokoknya.....:)

4 komentar:

  1. terimakasih sudah dicobain resepnya. salam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah...makasih udah mampir ke blog ku chef... ^^
      makasih juga untuk resepnya ... ;)

      Hapus
  2. mbak fifi kue mangkoknya menggoda....mba caranya buat tape nasi gmna ya??? suwun sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak diyant...nasi yg udh dingin dikasih ragi tape mbak, trs ditutup rapat kurang lebih 4-5 hari lah...
      sami2 mbak ^^

      Hapus