TIGER SUS






Kalo liat kue sus ini rasanya pengen ketawa aza lho... ini kue sus yang paling gede yang pernah aku bikin. Tiger Sus ini sebenarnya sama dengan kue sus pada umumnya hanya saja dikasih topping yang dipanggang bareng adonan sus dan karena proses pemanggangan membuat adonan kue sus mengembang sehingga adonan topping retak-retak membentuk motif tiger. Dengan penambahan topping itu membuat sus menjadi kaya rasa dan cantik. Untuk adonan toppingnya mirip dengan adonan topping melon pan. 
Resepnyaaa... aku pake resep dari tabloid Koki.

TIGER SUS

Bahan adonan Sus :

175cc         Air
100gr         Margarin
1/2sdt        Baking Powder
100gr         Tepung terigu protein tinggi
3btr            Telur (150gr)

Bahan Topping :

40gr          Margarin
40gr          Gula halus
1btr           Telur
25gr          Susu bubuk
100gr        Tepung terigu protein sedang
1sdm         Coklat bubuk

Bahan Isi :

150gr          Susu coklat cair
50gr            Gula pasir
21/2sdm      Maizena
1btr             Kuning telur

Cara membuat :

1. Adonan topping : Kocok margarin dan gula hakus hingga putih. Masukkkan telur kocok rata. Masukkan susu, terigu dab coklat bubuk. Aduk rata. Simpan dalam lemari es selama 30 menit. 

2. Adonan sus : campur air dan margarin. Masak hingga margarain larut. Masukkan terigu, aduk hingga kalis. Angkat dan biarkan hingga hangat. Masukkan telur satu persatu sambil diaduk hingga rata. Tambahkan baking powder, aduk rata. Masukkan adonan dalam kantong segitiga. Semprotkan adonan pada loyang. Letakkan adonan topping yang sudah ditipiskan diatas adonan sus. Panggang sus dengan suhu 200 derajat celcius selama 15 menit, kemudian turunkan suhunya panggang hingga matang. 

3. Vla : campur semua bahan kecuali kuning telur, masak diatas api kecil hingga meletup-letup. Matikan api. Kocok kuning telur, ambil sedikit adonan vla campur kan ke kuning telur aduk rata. Nyalakan api, tuang ke adonan vla, aduk cepat. Biarkan mendidih sekali lagi.

4. Belah kulit sus, isi dengan vla.










Yang biasa bikin sus, coba deh bayangin dengan takaran adonan seperti di resep itu cuma jadi 7 buah kulit sus, so seberapa gede kulit susnyaaaa....hihiiiiii yang biasanya klo maem cukup digigit sajah tapi yang ini harus pake sendok karena kegedean, hahaa....

Comments