Minggu, 16 November 2014

SOTO DAGING




Horeeee...akhirnya aku bisa masak Soto Daging, hmm ...selama ini selalu minta tolong Umik untuk bikin bumbu soto nya. Nih yaaa...klo dirumahkuuuu...Umikku, Bude-bulikku klo bikin Soto Daging itu selalu pake bumbu jangkep, maksudnya semua bumbu masuk, itulah yang bikin aku males bikin bumbunya. Tapi klo kali ini nekat bikin sendiri rasanya daleeeeem banget, sampe ke hatiiiii hihiii :p
Ditambaaaah...masfitri dan adek doyan banget. Klo masfitri sih apa-apa doyan jadi udah basilah klo mo diomong-omong disini hihiii tapi kalo adek yang doyan itu baru cerita baru secara adek tuh pilih-pilih banget sama makanan, bahkan kue-kue yang aku bikin aza hanya sebagian kecil aza yang dia mau.
Ok...kembali ke soto ya, menurutku ini udah miriiiip banget dengan bikinan Umik, lebih tepatnya 11-12 lah haahaa...

RESEP MENYUSUL YAAA...ada sedikit urusan yang mengharuskan aku untuk meninggalkan blog ini :D #msh blom bisa berlama2 dpn lapy ><




BIKA AMBON




Bismillah...
Rasanya udah berbulan-bulan ga menyentuh blog, emang iya siih udah berbulan-bulan hehee. Kenapa ? jawabnya lagi sibuk... hihiii jawaban yang klasik ituuu. Hmm...yang pasti emang bener-bener sibuk lah.
Dan kali mo ikutan setor untuk LBT setelah beberapa kali juga ga setor, sampai lupa ini setoran yang keberapa huhuuu... Tema bulan ini Bika Ambon. Sebenarnya ini udah yang ketiga kalinya aku Bika Ambon, yang pertama pake resep Bu Fatmah Bahalwan karena bikinnya malam-malam maka ga sempet ke poto karena penasaran banget sama seratnya begitu keluar dari oven langsung potong-potong hap! daaaaaan hasilnya sukses nyerat cantik. Yang berikutnya pake resep Chef Deddy Rustandi, hasilnya ga begitu cantik, ntah salah dimananya... yang pasti waktu istirahat adonan waktu itu aku kurangi... mungkin itu salah satu yang menyebabkan ga nyerat cantik.
Dan kali ini, yang ketiga kalinya pake resep Bu Fatmah lagi. Karena Oven blom berfungsi karena waktu itu blom ada tempat maka aku mencoba (nekat) pake cetakan kue lumpur dengan pertimbangan Kue Cara Bikang aza yang ga pake ragi ato Martabak Manis bisa nyerat cantik hanya dengan cetakan yang nangkring di atas kompor masak Bika Ambon yang udah beragi ga bisa. Bikin hanya separoh resep, secara klo seresep kutelnya 16 biji boooo^^
Hasilnya....suwer !! cantik banget... nyerat pol pokoe. Rasanya bahagia bangeeeeeet...walopun pada cetakan pertama agak gosong karena apinya terlalu gede kayaknya, tapi untuk cetakan selanjutnya udah ga gosong lagi...lha bikin cuma separoh resep hanya ada 2 kali cetakan hihiii... :p
Untuk resepnya silahkan gugling ya... Bika Ambon NCC tanpa modifikasi sedikitpun.





Catatan dari aku klo mo pake cetakan lumpur... *panaskan cetakan sampai bener-bener panas tapi dengan api yang kecil aza. *setelah adonan dituang biarkan cetakan terbuka tanpa tutup hingga seratnya sempurna, baru setelah serat keluar semua tutup sebentar untuk mematangkan bagian atasnya.

Okay, berani mencoba ??... Salam Bika Ambon ^^

Rabu, 06 Agustus 2014

ROTI ISI PISANG



Ini adalah pisang yang aku critakan kemarin, akhirnya jadi isian roti hihiiii...
Critanya waktu acara "unjung-unjung" lebaran kemarin kami sekeluarga terdiri dari aku sekeluarga, abangku dan Rayyan (anaknya) dan Umik kerumah sodara. Oiya...biasanya lengkap ada Abi, Mamak dan Tacik istri abangku...tapi karena tacik abis lahiran jadi dia dirumah sama bayinya ditemani Abiku, dan Mamak...tau deh kenapa dia ga ikut, biasanya dia paling semangat ikut karena biarpun dia ga dapat angpow tapi selalu dapat pujian "si artis sinetron" hahaa PRUT!! :P
Perjalanan kami mulai dari kerumah sodara di Tempeh Tengah, disini banyak keluarga dari Mbah Kung ku (bapaknya Umik). Kemudian langsung ke Desa Dorogowok, Kedungmoro dan Kaliwungu... hmm yang hafal bener daerah Tempeh dan sekitarnya pasti udah ga asing lagi dengan nama desa-desa itu, disana mayoritas penduduknya adalah dari suku Madura dengan bahasa Madura Lumajangan hihiiii.... Apakah aku ada keturunan Madura ? jawabnya "Iyaaa...!!" Bapaknya Mbah Putriku (ibunya Umik) asli sanaaaaaa... hohooo, jadi jangan kaget klo disana banyak banget sodara ku. Namanya juga main kedesa dengan rumah yang halamannya luas-luas dengan tanaman pisang dan pepaya dimana-mana (dulu kyknya ada pohon jeruknya) dan sawah kebun yang masih luas jadiiii klo main kesana (hanya klo lebaran aja siih huhuuu ) pasti dibawain hasil kebun itu, pokoknya apa yang bisa dipetik saat itu ya itulah yang dibawain hihiiii...kadang bawa terong, kacang panjang, pepaya, pisang. Awalnya kami menolak karena kami mikirnya kayak pisang dll itu bisa dijual tapi mereka selalu "lebih baik dikasihkan sodara daripada dijual" huhuuu jadi terharu T,T
Okay...kali ini aku pulang bawa setundun pisang kayu yang udah tua banget. Yeshh!!
Sejatinya perjalanan akan kami lanjutkan ke Desa Pulo (masih sodaranya Mbah Putriku) dan ke Lumajang kerumah Bulikku tapi karena Ara, Tia dan Rayyan udah merengek minta pulang, yasudahlah "unjung-unjungnya" lanjut besok sajjah.







Pisang Kayu itu pisang yang harus diolah ato dimatengin dulu sebelum disantap, ga seperti pisang Raja, pisang Ambon ato pisang Barlin yang siap makan. Bentuknya kecil panjang dan rasanya manis. Bisa buat kolak, pisang goreng, isian kue (misal nogosari, roti, molen, bolen dll) tapi kalo aku lebih suka dikukus aja dalam keadaan pisang yang belum menguning jadi masih mengkel-mengkel gitu, hmm... beneran enak (Y).  Dulu Almarhum Mbahku sering bikin urap pisang kayu ini dari pisang yang kulitnya masih hijau, ga ada rasa sepet-sepetnya biarpun kulitnya masih ijo.
Sayangnya kemarin aku ga potoin pisangnya...bisa jadi didaerah lain namanya bukan pisang Kayu.







ROTI ISI PISANG

Bahan Biang:
300 gram tepung terigu protein tinggi
3 gram ragi instan
15 gram gula pasir
200 gram air es

Bahan:
150 gram tepung terigu protein sedang
6 gram ragi instan
30 gram susu bubuk
75 gram gula pasir
1 butir telur
1 kuning telur
50 ml air
75 gram margarin
1 sendok teh garam



Bahan Isi :
- Pisang yang sudah direbus dan meses secukupnya
- Sosis, keju cheddar, daun bawang iris halus, saos tomat/cabe secukupnya.

Bahan Olesan, Aduk Rata:
1 butir telur
25 ml susu cair

Cara membuat:
  1. Biang, campur tepung terigu, ragi instan, dan gula. Masukkan air sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Diamkan 1 jam di suhu ruang. Simpan 30 menit dalam lemari es.
  2. Campur tepung terigu, ragi instan, susu bubuk, gula, dan biang. Uleni rata.
  3. Masukkan telur, air, dan pasta pandan sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
  4. Timbang adonan masing-masing 40 gram. Diamkan 10 menit.
  5. Giling adonan. Beri isi, bentuk sesuai selera dan rapikan. Letakkan di loyang yang dioles tipis margarin. Diamkan 60 menit sampai mengembang.
  6. Oleskan bahan olesan, untuk yang isi sosis tambahkan atasnya dengan saos tomat/cabe, parutan keju, irisan daun bawang.  Oven dengan api bawah suhu 190 derajat Celcius 12 menit sampai matang.





Karena aku lagi pengen bikin-bikin tapi ga mau lama-lama didaapur jadi satu resep adonan aku jadikan 10 biji aja ...maksud hati biar cepet selesai, hwaah!! gede-gede bangeeeet hihiii. Dan yang 3 aku isi sosis. Klo rerotian kyk gini anak-anakku pada suka, apalagi isi pisang ada coklatnya dan sosis.
Eh ini resepnya dari Sajian Sedap, beneran empuk lho... (Y)
"Klo bisa bikin sendiri kenapa mesti beli..." #Ummu Ichsan ayo bermain didapur :D

Senin, 04 Agustus 2014

BANANA BREAD




Ada pisang raja 4 buah, udah mateng banget...baunya udah kemana-mana. Sengaja seeeh dibiarkan mateng kayak gitu karena pengen biikin Banana Bread lagi, hihiiii...
Kali ini pake resep dari DetikFood, ada tambahan bubuk spikuknya...hmmm...bisa dibayangkan rasanyaaa ^^
Dan ini yang kesekian kalinya bikin Banana Bread dari resep yang beda-beda pula, sengaja sih gonta-ganti resep biar tau aja rasanya yang beda-beda. hehee...
Oiya yang menyenangkan bikin kue ini adalah prosesnya yang tanpa mikser, tapi hati-hati ya... jangan terlalu kuat ngaduknya...






BANANA BREAD

Bahan :

300gr Pisang, haluskan (vi pk pisang raja 350gr)
60cc Minyak sayur (vi pk olive oil)
100gr Gula pasir (vi pk 80gr)
50gr Gula palem
1btr Telur
200gr Tepung terigu
1/2sdt Soda kue
1/2sdt Bumbu spikuk
1/2sdt Garam

Almond/kenari secukupnya buat taburan.

Cara membuat :

1. Ayak tepung terigu, soda kue, bumbu spikuk dan garam. Sisihkan

2. Dalam wadah lain campur pisang, olive oil, gula pasir, gula palem dan telur. Aduk rata.
Tambahkan bahan kering sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.

3. Tuang diloyang loaf,  taburi almond atau kenari. Kemudian oven dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang.






Hmm...pisang dan bumbu spikuknya nyatu banget....wangi pol deh. Bagi yang males ngeluarin mikser kue ini bisa dicoba, hehee
Ssssttt...masih ada pisang lagi dikulkas, hihiiii...semoga masih bisa bikin sesuatu dari pisang-pisang itu  :D ^^




SUGAR CHEESE COOKIES




Masih blom terlambat kan untuk bermaaf-maafan.... ^^

"Selamat hari Raya Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan batin, Taqobballahu Minna Wa Minkum, semoga Alloh menerima amalan kita dan menyempurnakan ibadah kita "

Sejatinya ini adalah kukis untuk lebaran tapi karena pada doyan jadiiii sebelum lebaran udah abis-bis hihiiii...
Dan rencana bikinnya udah dari sebelum puasa :D dapat rekomendasi dari Shely yang katanya enak banget. Whuiiihh...langsung belanja bahan...butter dan keju, klo yang lain-lain udah ada. Dan kenapa baru bikin ? ya itulah aku...diawal semangat banget tapi seiring berjalannya waktu karena suatu hal ya ga kepegang hihiii...
Awalnya membayangkan adonan kukis digulung dengan terlebih dahulu di paruti keju yang berlimpah, hmm...ga bisa membayangkan gimana ngegulungnya, secara adonan kukis kan lembut banget...
Tapi setelah dibikin...hohohoo ga sesulit yang aku bayangkan dan cepet pula bikinnya seperti yang Shely bilang. Dan rasanya tidak mengecewakan,... percaya banget sama lidahmu Shel hahaa :D


SUGAR CHEESE COOKIES "KEJUMOO"

Bahan :

150gr Mentega
60gr Gula Halus
1btr Kuning telur
200gr Tepung terigu
50gr Maizena
200gr Kraft cheddar, parut (aku pake sekotak 180gr)
50gr Gula pasir
1btr Putih telur untuk olesan

Cara membuat :

1. Kocok mentega dan gula halus hingga putih, tambahkan kuning telur. Kocok rata. Msukkan tepung maizena, aduk rata.

2. Giling adonan setebal 1/2cm, bentuk persegi panjang lalu taburi seluruh permukaannya dengan keju parut, ratakan.

3. Gulung adonan, rapikan lalu potong setebal 1cm. Olesi setiap sisi kukis dengan putih telur, lalu gulingkan diatas gula pasir.

4. Susun di loyang lalu panggang hingga matang selama 20 menit dengan suhu 130 derajat celcius.








Yang masih pengen bikin-bikin kukis buat ngisi toples...kukis ini layak dicoba ... (Y)
Happy cookies ^^


Jumat, 18 Juli 2014

BOLEN ISI KACANG HIJAU




Ada kacang hijau kupas sisa bikin isian bakpia untuk pr LBT beberapa waktu lalu, hmm ...udah lama banget yaaa ..untung ga kutuan tuh kacang ijonya, hihiiii...aku lupaaa, bener-bener lupa klo masih punya kacang ijo kupas itu. Bikin kue ini adalah coba-coba... klo enak ya ada disini dan sebaliknya klo ga enak ya cukuplah ada di dapurku aza xixii...^^

Sebenarnya aku bingung mo aku kasih judul apa ini...antara Bolen Isi Kacang Hijau atau Bakpia dengan Kulit Bolen hahaa... Kue ini terbuat dari adonan kulit bolen yang aku isi dengan kacang hijau mirip atau bahkan sama kayak isian bakpia. Karena bentuknya mirip Bolen maka aku putuskan judulnya Bolen Isi Kacang Hijau :D Mungkin kalo aku bentuk bulet-bulet udah bakpia banget penampakannya. Hmm...  terlintas bahwa nama itu ga penting dan rasa lah yang lebih utama tapi disini kan yang dilihat gambar dan judulnay bukan merasakan kuenya, itulah ,,,kenapa harus milih nama yang tepat hihiii :P

Untuk resepnya aku masih menggunakan resep kulit Bolen Pisang tapi di bahan B nya aku tambah susu bubuk.

BOLEN ISI KACANG HIJAU

Bahan-bahan

Bahan A:
100 gram tepung terigu protein tinggi
1 sendok makan minyak goreng
75 gram margarin

Bahan B:
200 gram tepung terigu protein tinggi
30 gram gula tepung
15 gram susu bubuk
80 ml air
75 gram margarin

1/2 Resep Bahan Dasar Olesan

Bahan Dasar Olesan (aduk Rata):
2 kuning telur
1 sendok makan air
1 sendok teh madu

Bahan Isi:
Bahan Isi :
125gr Kacang hijau kupas, rendam semalam, kukus, haluskan
40gr Gula halus
25gr Margarin
50gr Susu bubuk
Vanilla bubuk secukupnya
------------------------------------------------ campur semua bahan, aduk rata.


Cara Pengolahan :
  1. Bagi adonan isi menjadi 10 bagian, bentuk bulat atau lonjong.
  2. Aduk rata bahan A. Bentuk bulat. Diamkan 10 menit.
  3. Aduk bahan B sampai setengah elastis. Diamkan 15 menit.
  4. Bagi adonan A menjadi 10 bagian, bulatkan. Bagi adonan B 10 bagian, bulatkan.
  5. Giling adonan B memanjang. Letakkan adonan A di atas adonan B. Lipat seperti amplop.
  6. Giling tipis adonan memanjang, gulung kemudian tipiskan lagi. Ulangi sebanyak 2 kali. Lakukan hingga adonan habis. Diamkan 15 menit.
  7. Giling adonan molen melebar. Letakkan kacang hijau di tengah, kemudian bungkus dengan kulit. Rapikan. Oles dengan bahan olesan.
  8. Letakkan di loyang yang sudah dioles margarin. Oven 25 menit dengan suhu 180 derajat Celsius. Keluarkan dari oven.
  9. Oles lagi dengan bahan olesan dan oven lagi 5 menit.




Rasanyaaaa....enaaaak, antara kulit bolen dan bakpia hihiii. Eh aku mo crita dikit tentang rasa kue ini... sama-sama pake resep ini untuk kulitnya, hanya beda isi, pisang dan kacang hijau. Yang isi pisang tuh ketika mateng kulitnya jadi lembab dan basah gitu, dan untuk yang isi kacang hijau kulitnya lebih kres kalo digigit, ga kres banget sih tapi ga selembab yang isi pisang, lebih mirip bakpia, klo suatu hari nanti aku bikin dengan adonan kulit yang sama dengan ini dan di isi kacang hijau kemudian aku bentuk bulet maka akan aku kasih nama Bakpia Isi Kacang Hijau hihiii...:D tapi bakpia yang kotak juga ada kok ya @_@
Akhirnyaaa... apapun namanya coba-coba kali ini tidak mengecewakan...:D