Sabtu, 20 Desember 2014

DAGING BUMBU BALI




Bismillah...
Heeeyyy....kemarin dapat kabar kalo amah-amahku, sepupu-sepupuku dan ponakan-ponakanku mau berkunjung kerumah, ouh senangnyaaaa *_* tujuan utama mo sambang Umik yang abis sakit siihh karena pas liburan sekalian deh jalan-jalan... dari pagi grup BBM keluarga udah rame aja, update teruuuus ...jam berangkat dari Banyuwangi sampe sekarang udah tiba di Lumajang untuk rombongan pertama, rombongan kedua berangkat agak siangan karena harus ambil rapot dulu hihiii...
Daaan...karena pulangnya mo lewat utara hmm....mampir rumah dong pastinya yaaa. Kalopun ga mampir rumah aku mo ke Lumajang aja biar ketemuan dan seru-seruan disana. Dwoh ga bisa bayangin penuhnya rumah Tempeh hihiii...
Karena mo mampir rumah jadi aku masak-masak dooong...dari tadi pagi-pagi sekali udah heboh pergi ke pasar, yang biasanya hanya belanja di tukang sayur yang suka lewat ato ke Mak Suto (Mak Suto itu tukang sayur yang mangkal, jualannya lengkap banget booo...dari sayur mayur, ikan, telor sampe kue-kue ada...) Tujuan pertama ke pasar adalah beli daging di Umik Nurul tukang daging langganan. Oiya...untuk daging sapi aku ga pernah beli di tukang sayur, beginilah klo punya suami "blantik" sapi sering banget diingatkan klo beli daging sapi tuh harus yang begini dan begitu...aku manut aja sih secara aku ga paham banget tentang perdagingan hehee...nah Umik Nurul itu udah langganan, klo beli disitu selalu dapat daging yang bagus, dikasih harga diskon klo ga ya ditambah-tambah gitu deh. Kayak tadi pagi tuh, begitu liat aku blio langsung nanya "mbak vi mo beli daging apa dan masak apa ?" aku jawab beli daging (untuk soto & bumbu bali) dan iga. Hmm...beneran deh pas tak bayar blio bilang "mbak vi tak tambahi jeroan bisa buat campuran soto" tuh kaaaan, alhamdulillah rejeki ga kemana ya  hihiii ^^

Pas lagi asik-asik masak didapur eh msfitri masuk lewat pintu samping "nih nda dapet paket" ... Paket ? #kaget~ ... tertulis pengirim NINA pas tak buka Ya Allah alas poto lipaaaaaaat... hwaaaa.. #berbinaar,  langsung ambil hp trs klik di teras belakang, wa ke mbak Nina... aaiiiiihh senangnya *,* sekali lagi alhamdulillaaaah, rejeki ga kemana dan banyak banget rejeki hari ini. Rasanya udah ga sabar pengen segera ambil kamera trs poto-poto hihiii...#dasar!
Daging bumbu bali ini salah satu yang aku masak tadi siang, resepnya sama dengan yang ini... sssttttt iki critane nganyari alas poto hihiii ;)





Mbak Ninaaaa....suwun yooo...keyen bangeet #soloveit, jazakillah ...^^


** Fa-biayyi alaa'i Rabbi kuma tukadzdzi ban
Maka nikmat Tuhan kamu manakah yang kamu dustakan?
~Alhamdulillah... Alhamdulillah...~

Jumat, 19 Desember 2014

lagi-lagi ROTI ^^




Bismillah...
Jangan bosyen ya klo yang diliat disini lagi-lagi rerotian hiihii...
Sebenarnya roti ini udah bikin dari 2 hari yang lalu karena lagi muales pol jadi males aza mo buka-buka lapy. Resepnya nyontek di bonus tabloid Saji. Karena bikinnya pas hari mendung jadi luama buanget nunggu fermentasinya ckckckk... tapi gapapa seneng liat hasilnya hehee...empuk banget.
Langsung resep aza ya...

ROTI

Bahan :
400gr tepung terigu protein tinggi
200gr tepung terigu protein sedang
1bks ragi instan
100gr gula pasir
25gr susu bubuk
2 kuning telur
1 putih telur
275cc air es
75gr margarin
1sdt garam
1 kuning telur untuk olesan

Cara membuat :

1. Campur tepung terigu, ragi, susu bubuk dan gula. Aduk rata. Tambahkan telur, aduk rata. Tuang air sedikit-sedikit sambil diuleni hingga kalis.

2. Masukkan margarin dan garam, uleni hingga elastis. Diamkan 30 menit hingga mengembang.

3. Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 50gr. Diamkan 10 menit.

4. Giling adonan, taburkan meses kemudian gulung. Potong-potong tapi tidak putus dan bentuk lengkung. Letakkan diloyang yang sudah dioles margarin. Diamkan 75 menit ato sesuai suhu ruang hingga mengembang ringan.

5. Oles dengan kuning telur. Oven hingga matang dengan suhu 180 derajat celcius.







Oiya resep asli pake isian yang dioles dan kismis, hmm kali ini aku mo yang simpel aza...aku ganti meses *,~  meses coklat yang ada warnanya dikit-dikit, hihiii...

Selasa, 16 Desember 2014

AYAM BAKAR BUMBU KUNING



Kali ini masak Ayam Bakar Bumbu Kuning, masakan berbumbu yang sering aku bikin kayaknya ini deh karena semua suka, hmm yo ga sering-sering banget sih...masih lebih sering ayam kecap kayaknya hahaa soalnya ayam kecap gampang bangeeet :D ato ayam ungkep trs digoreng lebih sering lagi :D eh...ada lagi yang sering dibikin yaitu fillet ayam yang dipanir  dan nugget :D wes pokonya yang gampang-gampang aku seneng banget bikinnya :D udah gampang bikinnya trs orang rymah pada suka duh bahagia banget deh hihiii
Resepnya masih pake yang ini, tapi kali ini aku paha ayam...
Hmm...jadi inget kkk klo lagi masak ini, dia pasti doyan banget tapi seperti biasa di lepasin dulu bagian gosong-gosongnya :D

Udah dulu ya, mo nutup lapy... bentar lg adek datang karena lebih asyik main dan dengerin dia crita daripada duduk manis depan lapy ^^
Shelyyyyy...suwun yo piringe, suka banget <3>




ROTI lagi ^^




Bener-bener ga pernah bosen dengan rerotian, dan ini udah beberapa hari yang lalu sih bikinnya hmm... dalam rangka menghabiskan coklat oles biar ga menuh-menuhi tempat. Dan bentuknya udah diluar rencana karena tadinya mo aku taroh di cup roti tapiiiii...dwoh! nyari cup rotinya ga ketemu hughh! dan barusan buka-buka lemari ...eh.ternyata ada dialam lemari hohooo...seketika ingat klo punya foto ini.

Ga pake resep ya...soalnya lupa resepnya dimana hikz...
Intinya resep apapun bisa dibentuk seperti ini...hanya adonan roti yang udah mengembang dikempiskan dan di tipiskan kurang lebih 1cm kemudian dioles coklat oles, gulung pelan-pelan sambil dirapatkan, selanjutnya adonan yang sudah tergulung dibelah menjadi 3 tapi tidak sampe putus ya ujung-ujungnya. Letakkan sedemikian rupa sehingga bagian coklatnya kliatan diloyang yang sudah dioles margarin kemudian diamkan antara 30-60 menit tergantung suhu ruangan pokoknya sampe mengembang ringan deh, trs oven hingga matang. hmm...bisa dibayangkan ga ya ?


 



Jadi ingat waktu beli kain bunga-bunga itu... kain bunga-bunga itu beli di Toko Risa, yang punya toko Risa itu mamanya temennya kkk di pondok. Yang ga bisa dilupakan adalaaaah...sekali-kalinya beli kain disuguhi teh anget buat kami bertiga, pokoknya kayak tamu gitu deh  hihiii...aaahhh jadi pengen belanja kain disana lagi hahaa ^^

Senin, 15 Desember 2014

TAHU KERANG MASAK SANTAN




Bismillah... hari ke 16 bulan Desember, hmm ga terasa ya udh hampir di penghujung tahun 2014 perasaan baru kemarin aja ngganti WM dari 2013 ke 2014... begitu cepat waktu berlalu ^^

Sekaraaaang...ayo menemani vi2 yang lagi belajar memasak hihiii... kali ini bikin masakan yang dari kerang. Ceritanya lagi seneng-senengnya beli ikan karena hampir tiap sore ada tukang ikan yang lewat depat rumah dengan membawa ikan yang seger-seger daaaaan harganya murmer booo, saking murahnya sampe ga tega mo nawar hihii... kemarin sore beli tongkol yang seger banget gitu, kerang dan udang. Tongkolnya udah langsung tak masak kemarin sore buat makan malam. Dan hari ini masak kerang. Biasanya klo Umikku masak kerang tuh dioseng pake kecap dan cabe gitu klo ga ya di bumbu rujak. Sejak nikah jarang banget sih masak kerang2an karena pak suami ga begitu doyan tapi akhir-akhir ini sering bikin karena adek suka... gara-gara sering dikasih menu dengan lauk kerang kali ya di sekolahnya hihiii...
Kali ini aku mencoba yang beda, yang biasanya hanya dioseng ato bumbu rujak kayak Umik bikin kali ini bikin yang dikasih santan. Bikinnya cuma dikit sih...karenaaaa..."sekali lagi pak suami ga begitu doyan ^^

TAHU KERANG MASAK SANTAN

Bahan :
Kerang yang udah direbus kira-kira 150gr lah
Tahu 2 buah (uk. sedang), potong-potong dan goreng stengah mateng
Daun Salam 2lmbr
Jahe 2cm, geprek
Lengkuas 2cm, geprek
Tomat 1bh, potong-potong
Santan 250cc
Air 150cc
Minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :

3siung Bawang putih
6siung Bawang merah
2cm Kunyit
2bh Cabe merah, buang bijinya
Sedikit merica bubuk
Garam, Gula secukupnya

Cara membuat :
1. Panaskan minyak yang untuk menumis dalam wajan, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tambahkan lengkuas, jahe dan daun salam, aduk-aduk. masak hingga harum.

2. Tambahkan tahu dan kerang, aduk rata. Tambahkan air, aduk rata. Diamkan sebentar hingga kerang empuk dan bumbu meresap.

3. Kemudian tambahkan santan dan tomat. Biarkan mendidih. Tambahkan garam dan gula. Biarkan mendidih sekali lagi. Angkat, siap disajikan.
 

 


Berikut ini adalah kandungan gizi yang terdapat pada kerang beserta manfaatnya bagi kesehatan:

1. Kerang mengandung vitamin B12 yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan jantung, menstabilkan suhu tubuh, menstabilkan pH dalam tubuh, menjinakkan zat kimia homosistein yang bisa merusak dinding pembuluh darah, dan mencegah kanker.
2. Asam lemak Omega-3 yang terkandung pada kerang dapat menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, dan meningkatkan daya kecerdasan otak.
3. Kerang kaya akan zat besi yang berguna bagi pembentukan komponen utama sel-sel darah merah dalam tubuh, menurunkan risiko darah rendah, dan mencegah anemia.
4. Selenium yang terkandung dalam kerang dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker dan lain-lain.
5. Kerang kaya sekali akan kandungan protein yang berperan penting dalam pembentukan enzim dalam tubuh, pembentukan sel organ dan otot, pembentukan hormon, memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh, mengatur metabolisme, membentuk sistem kekebalan tubuh, dan sebagai sumber energi.
6. Kalsium yang terkandung dalam kerang dapat mencegah osteoporosis dan menjaga kesehatan gigi.
7. Kandungan fosfor dalam kerang sangat berguna bagi pembentukan tulang dan gigi serta membantu memaksimalkan fungsi kerja vitamin.
8. Vitamin A, D, E, K yang terkandung pada kerang juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mata, kulit, tulang, gigi, dan organ lainnya. (sumber : ROYCO)


Cukup banyak gizi dan manfaat kerang ya.. ^^ dan pesenkuuuu... bijaksanalah dalam mengkonsumsi makanan, apapun itu secukupnya aja jangan sampai berlebihan ya ;)
Ternyata enak juga lho dimasak pake santan, rasa kerangnya kerasa banget...semoga adek suka ya...
Ummu Ichsan ini masakanku hari ini...dirimu masak apa ...?? :D

Minggu, 14 Desember 2014

RISOLES ISI AYAM



Risoles Isi Ayam, bikinnya udh beberapa hari yang lalu bareng sama bikin Pom-Pom Potato dan Nugget, maksud hati sekalian aza manirnya, hihiii.  Niat menghabiskan daging ayam sisa bikin Nugget, mo disimpan dikulkas daging ayamnya tanggung banget.

Resep kulitnya seperti yang disini tapi ga pake susu bubuk dan airnya aku ganti santan dengan jumlah yang sama. Santannya juga sisa bikin cake Kukus Santan hihiii :P
Untuk isiannya : daging ayam yang direbus kemudian disuwir-suwir dan dibumbui merica, bawang putih yang ditumis dengan daun bawang. So simple hihiii...

Lumayanlah...bisa untuk teman minum teh, cemilan dirumah ato bekal masfitri kekantor :D
Dan ini juga digoreng dalam rangka buat bekal si dia :D masih ada beberapa biji lagi dikulkas rencana mo buat suguhan  tamu yang mo berkunjung kerumah, ahhaayy senangnya mo ada tamu *,*