Rabu, 23 April 2014

KROKET KENTANG




Haihayy...setelah beberapa yang lalu posting bakpia sekarang bikin kroket yuukk...
Pengennya sih bikin kroket singkong tapi adanya kentang, ya sudahlah bikin kroket kentang dulu ya, yang singkong ntr aza...kapan-kapan ;)
Hmm...aku pernah dikasih kroket kentang sama halatiku tapi ga pake panir, waktu itu aku mikirnya lagi ga punya panir ato males memanir tapi denger crita dari Shely (temen ngobrol di wa hahaa ...) klo kroketnya jama'ah tuh ga pake panir, hmm...jd ingat kroket yang waktu itu :D karena setauku kroket pasti berpanir.
Okay...kali ini aku bikin kroket yang ga di goreng (lho!!) hihiii...pengen tau rasanya klo ga digoreng tuh kayak apa :D ...bentuknya sih kroket banget dan berpanir pula cuma matenginnya pake teflon, aku pikir klo bakpia aza bisa mateng hanya pake teflon, kroketpun pasti bisa juga doong...

KROKET KENTANG

Bahan :
500gr Kentang, kukus dan haluskan
50gr Margarin
60gr Tepung terigu
150cc Susu cair
Garam, merica bubuk, pala bubuk secukupnya


Cara membuat :

1. Panaskan susu cair dan margarin hingga mendidih. Tambahkan tepung terigu, aduk rata.

2. Tambahkan kentang, garam, merica dan pala, aduk hingga adonan kalis. Dinginkan.

3. Ambil adonan kulit kroket secukupnya, beri isian dan rapikan. Lakukan hingga adonan kulit habis.

# Proses selanjutnya adalah memanir, udah pada tau kan caranya memanir...? kali ini karena aku pengen yang dipanggang maka aku mau panirnya ga tebel-tebel, jadi adonan yang udah diisi dan dibentuk tadi langsung aku gulingkan di tepung panir.








Rasanya tetep kroket banget, enaaak (Y)...
Oiya, untuk isiannya aku punya 1 buah dada ayam rebus sisa bikin soto, aku potong kecil-kecil dan aku tambah wortel juga, sayangnya wortelnya terlalu sedikit jadi daging ayamnya yg lebih terasa, hihiii...
Oke deh, silahkan menikmati gambarnya ya... ^^

CAPCAY "JOWO"





Yeayy!! akhirnya bikin juga...
Sebenarnya kenal capcay jowo di rumah mertua di Wonosobo dan dirumah Alm. mbak iparku, awalnya agak heran kok ada capcay seperti ini, ternyata disana udah biasa dan ada yang jual :D
Doeloe...pernah bikin tapi merasa ga pas aza dengan adonan tepungnya.
Dan kali ini bikiiiiiin hasil meguru ke mbak Susi *ketjup-ketjup* hihiii...ketika lagi asyik bbm tentang makanan tau-tau ngobrolin capcay ini. Abis minta diajari cara bikinnya langusng janji ke pak suami "eh, ntr tk bikinin capcay wonosobo yo.." :D sayangnya yang punya dapur ga bikin-bikin, pernah ditagih juga sih sama pak suami, hihiiii dan baru kemarin sempet bikin, ouh senangnyaaa ^^

Ini pelajaran dari mbak Susi : untuk adonan tepungnya, satu bagian tepung + satu bagian telur, jadi klo tepungnya 100gr, telurnya juga 100gr terus dikasih bumbu merica dan garam secukupnya aza. Oiya tambahkan sedikit air biar adonan tidak terlalu kental dan bisa disendok. Kemudian goreng adonan (sesendok demi sesendok ya, jgn semua adonan dituang semua hihiii), goreng hingga matang dan setelah matang, dinginkan kemudian potong-potong memanjang.
Untuk bumbu yang dihaluskan sama kayak klo mo bikin bakmi jowo yaitu kemiri, bawang putih, merica. Jangan lupa tambahkan irisan daun bawang. Untuk pelengkap yang lain yaitu sayur sawi hijau, wortel (potong korek api), daging ayam yang sudah direbus (disuwir-suwir). Cara bikinnya...sama kayak bikin mie goreng, bisa dibayangkan kaan ? Untuk rasanya ...sesuaikan sama selera masing2 aza ya.. ;)
Hasilnya bener2 tidak mengecewakan, enak bangeeeet... (Y) dan yang bikin bahagia adalah tia dan mas fitri suka banget, asiiiik *dancing*


Untuk suami tertjinta...sego megono udah yaa, capcay jowo juga udaah. sayangnya sego megononya ga kepoto, hikz... Nda bisa masak kaaan ? ayo dong diakui...hhahaa :P

Udah ah segini aza, modemnya macet-macet trs nih... :(





Jumat, 11 April 2014

LBT#31 BAKPIA








Bakpia adalah makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Istilah bakpia sendiri adalah berasal dari dialek Hokkian (Hanzi: 肉餅), yaitu dari kata "bak" yang berarti daging dan "pia" yang berarti kue, yang secara harfiah berarti roti berisikan daging. Di beberapa daerah di Indonesia, makanan yang terasa legit ini dikenal dengan nama pia atau kue pia.
Bakpia termasuk salah satu masakan yang populer dari keluarga Cina atau Tionghoa. Bakpia yang cukup dikenal salah satunya berasal dari daerah Pathok (Pathuk), Yogyakarta. Mengingat masyarakat Jogja cukup banyak yang beragama Islam, pada perkembangannya, isi bakpia yang semula daging babi pun diubah menjadi kacang hijau. Kemudian rasa-rasa dari bakpia dikembangkan menjadi cokelat, keju, kumbu hijau, dan kumbu hitam.
Di desa Pathok, dulunya penduduk tidak mengenal istilah "merek", sehingga bakpia yang dijual hingga saat ini berlabel "nomor rumah produsen", misalnya nomor 75. Kemudian barulah muncul beberapa merek bakpia yang bukan dari nomor rumah, seperti Djava dan lain-lain.
Lezatnya rasa bakpia menjadikan kue ini menjadi salah satu favorit para wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Bakpia bisa didapatkan di toko bakpia atau toko yang menjual oleh-oleh khas Jogja. (wikipedia)


Yuhhuuuu...udah sampe di LBT 31 yaaa....yeayy!! kali ini pr nya Bakpia. Sebenarnya aku udah pernah bikin yang ini dan yang ini. Yang aku tau ada 2 jenis Bakpia yaitu yang kering dan yang basah. Bedanya secara gampang klo yang basah itu waktu digigit ga beremah ato morat-marit dan yang kering waktu digigit beremah ato morat-marit (morat-marit bahasa apa ya ...? hihiii) dan dua-duanya aku suka tapi klo ada didepan mata terus disuruh milih maka aku akan milih yang kering aza. Okay...kali ini aku bikin yang kering aza, tapi yang ini beda resepnya dengan yang dulu. Kali ini aku pake resepnya Chef Deddy Rustandi hanya aza pemakaian minyak di bahan A aku ganti dengan margarin, maksudku biar ga terlalu kering gitu...
Okay...langsung resep aza ya...^^

BAKPIA

Bahan A :
 125gr Tepung terigu
60gr Margarin
40cc Air
25gr Gula halus
Sedikit garam

Bahan B :
100gr Tepung terigu
50cc Minyak goreng

Bahan Isi :
125gr Kacang hijau kupas, rendam semalam, kukus, haluskan
25gr Gula halus
25gr Margarin
50gr Susu bubuk
50gr Keju cheddar parut

1 kuning telur untuk olesan.

Cara membuat :

1. Isi, campur semua bahan isi, aduk rata, bulat dan pipihkan menjadi 10 bagian.

2. Campur bahan A, uleni hingga tercampur rata. Bagi adonan menjadi 10 bagian

3. Campur bahan B, uleni hingga tercampur rata. Bagi adonan menjadi 10 bagian.

4. Pipihkan adonan A, letakkan adonan B, lipat dan rapatkan kemudian pipihkan lagi dengan rolling pin, lakukan hingan 2 kali. Kemudian isi kulit adonan dengan isian rapatkan bagian bawahnya dan rapikan.

5. Tata bakpia diloyang, oles dengan kuning telur. Oven dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang.


# ini jadinya gede-gede banget sesuai diresep klo pengen yang kecil adonan dan isi dibagi 20 aza.






Rasanya...aku suka banget, bakpia kering yang klo digigit ga morat-marit kemana-mana dan ga perlu pake dua tangan untuk memakannya ( tangan kanan untuk pegang bakpianya dan tangan kiri untuk megang remah-remahnya ketika digigit hihiii :P) dan isinya juga aku suka bangeeeet...pas sama selera orang rumah yang ga suka yang manis-manis. Okay...recomended untuk dicoba... ^^
Happy baking dan salam LBT ... :)

Rabu, 02 April 2014

KUE MANGKOK




Hallo Apriiiil ... ^^ 
Bahagia adalah ketika udah menunggu 20 menit terus buka tutup kukusan liat semua kue mangkok bermekaran...ahaayyy mekrok abis, ga ada yang kuncup, yeayy!!
Sebenarnya ini udah yang kesekian kalinya bikin kue mangkok, diantaranya ada sukses dengan mekroknya dan ada yang hmm...senyumpun tidak... yang mekrok udah aku post sebelumnya yaa...
Dan untuk yang kali ini aku bikin tanpa ragi ato fermipan, hanya pake tape dan inilah hasilnya. Sempurnaa :D

KUE MANGKOK

Bahan :
250gr Tepung Beras Rosebrand
200gr Tape singkong, buang seratnya dan haluskan
2gls Santan hangat
180gr Gula pasir (klo kurang manis blh ditambah)
50gr Tepung terigu
1/2sdt Baking powder
Pewarna makanan secukupnya

Cara membuat :
Campur semua bahan kecuali baking powder dan pewarna, tuang santan sedikit demi sedikit sambil diuleni dan dikeplok-keplok selama 10 menit sampai adonan licin (saring bila terasa tape kurang halus). Diamkan adonan selama 30 menit. Panaskan kukusan dengan api besar, letakkan cetakan (tanpa dioles minyak) didalamnya biarkan hingga air kukusan mendidih dan beruap banyak. Tambahkan baking powder dan pewarna pada adonan, aduk rata. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga penuh, kukus selama 20 menit.




cantik kaaan, warnanya pink lagi... ^^

Hmm...kue mangkok adalah jajan pasar yang cantik dan tidak membosankan, setuju ga ?? :D

Rabu, 26 Maret 2014

MARTABAK MANIS / TERANG BULAN





Kalo ditempatku kue ini namanya Terang Bulan mungkin karena bentuknya yang bunder seperti bulan jadi dinamakan Terang Bulan walopun pada akhirnya dilipat sepeerti bulan separoh, hihiii
Masih menggunakan resep yang disini tapi yang ini aku tambah pewarna kuning telur biar ga kliatan pucat dan juga cara bikinnya beda, klo yang dulu dimikser yang ini hanya diuleni pake tangan sambil dituang air sedikit demi sedikit selama kurang lebih 10 menit lah... yang lain-lain sama sih. Yang ini juga didamkan selama kurang lebih 1 jam (ini tadi ga xmp 1 jam, hihiii) 
Bener-bener tidak mengecewakan dan layak untuk dicoba. Rasanya pas banget, empuk dan seratnya heboh...hihiii
Daaan dengan ditambah pewarna kuning telur pada adonan warnanya jadi mirip banget dengan Terangbulan yang dijual-jual dipinggir jalan.
Berani mencoba kaaan ...??
Oiya...aku blom pernah nyoba bikin terbul ini pake teflon ato sejenisnya ..sooo...jangan tanyakan itu padaku yaaa... karena pasti aku ga tau jawabnya ...huihiihii^^
Eh ...ini bikinnya tadi pagi lho, nyambi2 nginem muter mesin cuci, hihiii. Mateng langsung foto2 ala kadarnya, sengaja ga pk banyak properti karena mo kasih liat seratnya :D ...sregep banget yo, tadi bikin sekarang udah tayang, ckckckckkk vivii viviii...



liat tuh seratnya...keren kaaan ^^


ini yg masih diatas kompor, sebenarnya ini aku fotoin buat mbak Susi biar dia ngiler, hihiii

Selasa, 25 Maret 2014

BLUDER CAKE




Bersih-bersih lemari nemu tabloid Saji th.2009, tertarik sama resep yang dihalaman terakhir "threeinone"  yaitu Bluder Cake, disitu ada 4 resep ...ada yang original (seperti yang aku bikin) dan 3 resep modifikasi (bluder cake tape, bluder cake pisang dan  bluder cake coklat)
Bluder Cake adalah cake yang dikombinasikan dengan roti, rasanya cake dan padatnya roti. Tertarik untuk mencobanya, secara aku doyan banget sama rerotian...

BLUDER CAKE

Bahan biang :
1/2sdm Ragi instan
1/2sdt Gula pasir
100cc Air

Bahan :
200gr Margarin
150gr Gula pasir halus
1/4sdt Essent vanili
4btr Telur
300gr Tepung terigu protein sedang
20gr Susu bubuk
1sdt Baking powder
150gr fruitmix (ceri merah, ceri hijau, kismis) potong2

Cara membuat :

1. Biang : larutkan ragi instan, gula pasir dan air hangat. Diamkan 10 menit sampai berbusa.

2. Kocok margarin, gula pasir halus dan essen vanili sampai lembut.

3. Masukkan telur satu persatu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok perlahan.

4. Tambahkan sisa tepung terigu, susu bubuk dan baking powder sambil diayak bergatian dengan biang sambil dikocok perlahan. Tambahkan fruitmix, aduk rata.

5. Tuang diloyang tulban diameter 22cm yang dioles margarin. Diamkan 45 menit hingga mengembang.

6. Oven 40 menit dengan suhu 180 derajat celcius sampai matang.







Rasanyaaa....ya itu deh..antara cake dan roti. Empuk dan enak...(Y)
Eh...ini bikinnya pagi-pagi banget, mruput wes pokoe :D... gara-gara tidurnya terlalu sore, abis sholat isya langsung tidur, hihiii... daaan jam setengah 1 udah bangun...dwoh! mo merem lagi udah ga bisa, ya udah melek aza sambil nunggu jam 2, jam setengah 3 mas fitri dijemput berangkat ke bandara karena ke Jakarta hanya untuk meeting dan udah biasa jadi tidak banyak persiapan, hanya bawa baju beberapa aza dan peralatan mandi, nyantai lah aku ga ribet :D. Disaat  menunggu waktu itu kepikir untuk bikin kue aza setelah mas fitri berangkat. Jam setengah 3 mas fitri berangkat, sholat malam dulu terus masuk dapur nyiapin bahan untuk bikin kue ini ...#blom terasa ngantuk. Adzan subuh adonan udah siap fermentasi, kayak bikin kue pesanan aza yoo, mruput :D... jam 6 kuenya udah mateng, hahaa...dan mataku udah mulai terasa pedes. Tapi dikuat-kuatin melek untuk ngurus adek mo sekolah. Setelah adek berangkat pengennya langsung bobok tapi ternyata ga bisa, ga biasa bobok sepagi ituuuu, huhuuu... ya sudahlah nunggu agak siangan aza, duduk depan tv (tvnya nyala tapi ga diliat karena sibuk mainan hp, #kebiasaan buruk ><) dan mik susu anget, hmmm...

Kembali ke bluder cake ya...yang penasaran sama rasanya silahkan di coba. Enak dan gampang bikinnya. Bahannya juga mudah didapat. Untuk cetakan, aslinya pake loyang tulban yang gede itu tapi karena aku pengen bikin yang kecil-kecil aza jadi aku pake loyang tulban kecil... sssttt, asline ga nduwe loyang tulban 22, hihiii  :P  adanya 28, 26 dan yang teflon tuh (kyknya yg teflon itu juga gede)

Udah ah, segini aza nulisnya...happy baking yaa ^^




Senin, 24 Maret 2014

BROWNIES KUKUS "pisang"




Ihhiiiyyy...ketemu lagiiii, udah sebulan ga menyentuh blog sama sekali, hikz...
Jangan tanya kenapa ya... karena jawabannya pasti panjang sekali, pokoknya alhamdulillah banget udah bisa melewati hari-hari kemarin ^^
Kali ini aku bikin brownies kukus pisang karena ada banyak pisang dirumahku, dibawain umik dari Lumajang buat kakak mik obat (heheee..pisang lagi...pisang lagi...)
Daaan resepnya aku pake punya NCC, hanya aza aku tambah pisang. Aku bikin setengah resep dan aku tambah pisang 250gr.... hasilnyaaaa...teteeeep rasa coklatnya yang dominan, kok?! padahal pisangnya udh mateng banget... kurang banyak kali pisangnya...

Yasudahlah...yang pastiiiiii rasanya tidak mengecewakan ^^






Selasa, 25 Februari 2014

AYAM RICA-RICA



Ayam rica-rica adalah salah satu makanan khas Manado, Sulawesi Utara. Kata rica berasal dari bahasa Manado yang berarti "pedas" atau "cabai". Resep untuk membuat ayam rica-rica sangat beragam, begitu pula cara memasaknya, persamaannya hanya terletak pada rasanya yang pedas. Ayam rica-rica biasa disajikan dengan nasi dan bahan pelengkap seperti bawang goreng dan mentimun.
Udah sering denger namanya tapi baru kali ini sempet bikin...itupun gara2 abis ditelpon temen nanyain resepnya...dan langsung ku jawab "aku blom pernah bikin, hiihii.."
Resepnya pake punya Sajian Sedap tapi ini Ayam Rica-Rica ala vivi, tidak pedes sama sekali hihiii...warnanya aza yang kliatan kayak pedes banget. Tadinya mo pake sayap juga tapi sayapnya udah kepake duluan... :D

AYAM RICA-RICA

1/2kg Ayam, potong sesuai selera
1 sendok teh garam
1 sendok teh jeruk nipis
2 batang serai, memarkan
2 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk, buang tulangnya
250 ml air
1 batang daun bawang kecil, potong 1/2 cm
2 sendok m minyak untuk menumis

Bumbu tumbuk kasar :
6 buah cabai merah besar, buang bijinya
7 butir bawang merah 
5 siung bawang putih
2 cm jahe
1 buah tomat, potong – potong
1/2 sendok makan garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok makan gula pasir

Cara membuat:
  1. Lumuri ayam dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan 20 menit.
  2. Goreng di dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai berkulit.
  3. Panaskan minyak, tumis bumbu ulek kasar, serai, daun salam, dan daun jeruk sampai harum. Masukkan sayap ayam. Aduk rata.
  4. Tambahkan air sedikit-sedikit. Masak ayam sampai empuk dan bumbu meresap.
  5. Tambahkan daun bawang. Aduk rata. Angkat.





Jujur ...aku blom tau rasanya karena blom pernah makan hihiii...menurutku ini enak banget, semoga aza rasanya ga jauh-jauh beda dari ini... :D
Pengen bikin lagi tapi yang pedes...^^

CARANG GESING





Masih ada sisa pisang kepok...udah mateng banget mari kita bikin Carang Gesing aza...
Bikinnya gampang, ga pake ribet...


CARANG GESING NCC



Bahan :

500 gr pisang Abon masak (maksudnya sudah manis sekali)
300 cc santan
75 gr gula pasir (vi pk 50gr)
1 butir telur ayam

daun pandan secukupnya 
Kismis secukupnya untuk taburan (ga pake jg gpp )



Cara membuat:

  1. Gunakan wadah pyrex atau keramik
  2. Campurkan santan, gula pasir,  aduk rata.
  3. Masukkan telur, aduk sebentar agar pecah kuningnya, tidak usah terlalu rata
  4. Masukkan daun pandan yang sudah dipotong-potong
  5. Potong tipis-tipis (setebal maksimum 5mm) pisang kepok. Ratakan potongan pisang di pinggan tahan panas, tuang campuran santan (usahakan potongan pisang agar tenggelam dalam cairan), tabur kismis.
  6. Kukus hingga matang.
  7. Angkat dan tunggu agak dingin, bisa dinikmati hangat atau dimasukkan kulkas terlebih dahulu.





KUE APEM




Kue Apem ini resepnya sama dengan yang Apem Selong hanya saja yang ini ga dikasih renda dan aku tambah potongan nangka, hwiiih...rasanya mantep banget karena ada nangkanya...
Oiya...klo bikin kue tradisional seperti apem, nagasari dkk...pemakaian santan menentukan kue itu lezat ato tidak...karena pada umumnya apem dkk tidak menggunakan banyak telur dan juga tanpa lemak (butter, margarin)... jadiiii ...klo mau kuenya lezat jangan encer-encer santannya yaa... ^^
Dan satu lagi...aku klo bikin kue-kue tradisional masih mengandalkan santan segar, bagi aku rasanya beda klo pake yang instan... tapi semua tergantung selera lho yaa...^^




Sabtu, 22 Februari 2014

MACARONI SCHOTEL





Makaroni merupakan salah satu pasta yang bentuknya elbow. Makaroni biasanya diolah dengan saus krim dan kacang polong. Makaroni sendiri dapat dihidangkan dengan bahan lainnya seperti daging ayam, sayur-sayuran, sapi dan masih banyak lagi sesuai selera. Makaroni biasanya terbuat dari tepung terigu. (wikipedia)

Ini hanya memanfaatkan sisa makaroni sisa bikin makaroni goreng pesanan beberapa yang lalu, hmm...sisanya cuma dikit sih...hanya kurang lebih 50gr'an lah...dan hasilnya hanya seloyang ituuuu....cukuplah buat kami bertiga. Selalu ada yang berbinar bahagia klo aku bikin makutel, dia adalah Tiara Malika Hasna hihiiii ...harusnya ada kakak, dan dia juga doyan bingiiit sama yang namanya makutel ini. Jujur...kadang ada sekelebat rasa sedih klo pas aku bikin sesuatu yang dia doyan  karena emang keadaan yang membuat dia tidak setiap saat bisa menikmati kue-kue bikinanku (lebay ya...) tapi hidup adalah pilihan dan kami telah memilihnya karena Allah...#harubiru
Eh...ga cuma aku lho yang ingat kakak...si ayah juga, karena ketika beliau menikmati makutel itu beliau langsung bilang "Nda KP bulan depan bikinin ini buat kakak ya..." huhuuu trenyuh deh T,T

Resep makutelnya masih syuka banget pake punya Mbak Ine Elkaje...tengkyu ya mbak ^^
Tapi aku pake daging asap dan sosis, ga punya daging giling...




BANANA PASTRY




Dwoh!!...ini bikinnya udah beberapa hari yang lalu, baru sempet tayang euy karena yang punya dapur abis sakit hikz...masih tetep pake resepnya bu Sisca, ga aku tulis lagi ya resepnya karena udah keseringen bikin. Silahkan acak-acak blog ini klo mo tau resepnya....





Senin, 17 Februari 2014

ROTI PISANG




Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.
Perlu disadari, istilah "pisang" juga dipakai untuk sejumlah jenis yang tidak menghasilkan buah konsumsi, seperti pisang abaka, pisang hias, dan pisang kipas. Artikel ini hanya membahas pisang penghasil buah konsumsi serta kerabatnya yang berkaitan (wikipedia)

Konon ceritanya ini adalah salah satu jajanan tradisional khas Banjar. Hmm...klo dibaca namanya tuh ga ada mirip-miripnya sama roti secara roti pasti beragi ya, ato lebih tepatnya lebih mirip Kue Lumpur karena dicetak menggunakan cetakan kue Lumpur...wes buat aku apapun namanya dan bentuknya yang penting rasanya enak pake banget, hihiii..
Pas banget buat cemilan ato temen ngeteh sore hari, ato yang biasa sarapan pagi sama kue-kue kayak keluarga besarku di Banyuwangi dan Lumajang ini juga pas banget. Buat yang baru-baru utak-atik resep kayak tetangga depan rumahku yang lagi cemungut-cemungutnya bikinin kue-kue buat anak dan suaminya ini juga pas banget hihiiii karena ga pake ribet dan jauh dari kata gagal hahaa...^^

Roti Pisang

Bahan :

250 Gr Terigu Protein sedang
125 - 150 Gr Gula, menyesuaikan kemanisan pisang
2 gelas/kurleb 450 ml santan, rebus dg 1/4 sdt garam dan 2 lembar daun pandan, dinginkan
1/2 sdt vanili bubuk
50 Gr susu bubuk fullcream
2 Butir telur, kocok lepas
75 Gr margarin lelehkan
5 - 7 buah pisang, belah memanjang menjadi 4, lalu potong2 kecil
Bila suka bisa memakai kismis yg dipotong2 kecil

Cara Membuat :

* Ayak tepung dan susu, lalu campur dg gula pasir dan vanili, aduk rata, sisihkan
* Campur santan, telur dan margarin leleh sampai rata, tuang kedalam campuran tepung, aduk rata sampai halus memakai whisk atau mixer kec rendah
* Masukkan potongan pisang, aduk rata, diamkan 30 menit.
* Panaskan cetakan kue lumpur, beri sedikit margarin, lalu tuang adonan 3/4 tinggi catakan, lalu tutup
* Bila sudah 3/4 matang beri kismis, tutup lagi sampai matang
* Kalau sudah matang lalu balik kue, sehingga bagian atas juga ikut kering atau ada efek kecoklatan.
* Angkat, lalu sajikan






Special thanks to Mbak Dida yang punya resep, muachh ^^ ... Arik untuk ori goninya, muachh juga ^^ ...makacih..makaciiiih...kalian tiada bosan-bosannya berbaik hati padaku, smg Allah yg akan membalasnya ^^

Sssttt...aku suka banget sama kue ini, rasanya pas banget menurutku. Klo ga ingat aku lagi dalam proses pelangsingan (huihihiii...tutup muka pake loyang >,<) mungkin dalam sekejap aku udah abis 2 ato 3 kue gitu deh, hahaa ^^

ROTI ISI COKLAT

 




Aiiiiihhh...ini bikinnya udah luama banget, bikin roti gara-gara ada sisa pralin dikulkas yang udah beberapa hari ga dimaem-maem sama Tia, rupa-rupanya dia udah bosen sama coklat-coklat itu. Hanya tingga beberapa biji aza sih tapi tempatnya lumayan menuh-menuhi isi kulkas. Oiya... Tia bikin sendiri lho coklatnya itu..pake diisi blueberry paleta juga hihiii, dan dia bangga sekaliiiii...ketika kutanya kok bisa ngelelehin coklat dia bilang "kan adek sering liat nda ngelelehin coklat..." pinteeeeeerr (Y)

Resepnya masih pake yang disini, hanya saja waktu ngulennya semua bahan aku jadiin satu terus aku uleni. Ternyata jadi hihiiii...harusnya kan klo bikin rerotian margarin dan garam ditambahkan belakangan, ketika adonan udah kalis...
Bikin hanya separuh resep dan habis dalam sekejap, hihiii... #doyankabeh :P





Rabu, 12 Februari 2014

WHITE CAKE



 
Ini bikin iseng kemarin waktu bikin bolu gulung dan putelnya juga sisa bikin bolgul itu. Lumayanlah buat cemilan mas fitri sepulang kerja, hihiii
Resepnya pake punya mbak Nina Naura Cake, makacih ya mbaaak ^^




LBT#30 POTATO CHIC MAYO CREAMY PIE







Ga terasa ya pr LBT udah nyampe diangka 30 aza... dan untuk tema pr kali ini adalah Savoury Pie atau gampangnya pie asin... untuk isiannya boleh suka-suka, disesuaikan dengan selera masing-masing...yang penting harus memakai kulit pie (crust).
Kali ini aku bikin Potato Chic Mayo Creamy Pie dari buku Sedap dengan judul Roti, Pastry berlapis, Pie dan Sus. Aslinya dalam resep pake ikan tuna kaleng tapi karena aku khawatir disini ga pada suka, untuk cari amannya ikan aku ganti dengan daging ayam. Lain-lain tidak aku rubah sih kecuali krim kental di adonan kentang aku ganti susu.

POTATO CHIC MAYO CREAMY PIE



Bahan kulit :
400gr tepung terigu protein sedang
275gr mentega tawar dingin
1btr telur
1btr kuning telur
1/2sdt garam

Bahan topping :
500gr kentang, kukus dan haluskan
1sdt garam
1/4sdt merica bubuk
1/2sdt pala bubuk
4sdm susu cair
2 kuning telur

Bahan isi :
1/4bh bawang bombay, cincang halus
3sdm tepung terigu protein sedang
250ml susu cair
150gr fillet dada ayam, rebus, potong kasar
1/2bh paprika hijau, potong kotak
1/2sdt garam
1/4sdt merica bubuk
75gr keju cheddar parut
100gr mayones
1sdm saus tomat
1sdm saus sambal
2sdm margarin untuk menumis

Cara membuat :

1. Kulit, campur semua bahan. Aduk rata hingga menggumpal. Simpan di lemari es selama 30 menit. Giling adonan kulit setebal 1/2cm. Cetak dalam loyang pie. Tusuk-tusuk dengan garpu. Oven dengan api bawah suhu 170 derajat celcius selama 15 menit sampai setengah matang. Sisihkan.

2. Isi. Panaskan margarin. Tumis bawang bombay sampai harum. Tambahkan tepung terigu, aduk sampai berbutir. Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai licin.

3. Masukkan daging ayam, paprika hijau, garam dan merica bubuk. Aduk rata. Menjelang dingkat tambahkan keju cheddar parut, saus tomat, saus sambal dan mayones. Aduk rata.

4. Topping. Campur kentang, garam, merica, pala bubuk, susu dan telur sampai rata. Masukkan dalam plastik segitiga yang diebri spuit.

5. Tuang isi dalam loyang yang berisi kulit pie setinggi ¾ bagian. Semprotkan topping melingkar ke atas. Oven dengan api bawah suhu 170 derajat celcius 20 menit hingga matang dan berwarna kecoklatan.

** Oles kuning telur setlah dioven setengah matang agar hasilnya lebih cantik.







Rasanya...enak banget (Y) , suka banget sama isi nya, kulitnya dan toppingnya...hmmm...
Oiya..dari awal pr keluar udah janji mo setor pas tanggal 11, ternyata janji palsuuuu, hihiiii. Masih tanggal 12 kok ya...ehem menghibur diri...lha daripada bulan kemarin malah setor tanggal 22.
Udah ah...segini aza ya...rasanya senewen dari tadi gara-gara lapy rodok error, yang mo bikin silahkan dicoba resepnya...ga nyesel deh pokonya. klo yang males bikin dan mo icip-icip silahkan datang kerumahku, masih banyak nih... ahhaaay....^^


Sabtu, 08 Februari 2014

APEM SELONG





Tidak akan pernah ada kata bosan untuk kue-kue tradisional, kali ini aku bikin Apem Selong dan ada juga yang bilang apem renda. Resepnya pake punya Umik sajah... Apem Selong ini menggunakan bahan dasar tepung beras dan santan, menggunakan cetakan khusus untuk apem selong...yaitu berupa wajan kecil. Sebenarnya apem selong udah menjadi kue yang biasa dirumahku saking seringnya umikku bikin,  hanya saja karena aku baru pertama bikin maka menjadi luar biasa untukku, hehee
Resep asli pemakaian santan pake ukuran gelas belimbing (1 gelas belimbing = 250cc santas/air) jadi yang punya gelas belimbing dirumah silahkan dipake, klo yang ga punya silahkan pake gelas ukur aza ^^

APEM SELONG

Bahan :

1 kg Tepung beras Rosebrand
400 gr Gula
2 btr Telur, kocok lepas
1 sdm Fermipan
5 gls Santan (yg udah direbus dengan daun pandan)
1 gls Air kelapa

Garam secukupnya

Cara membuat :

1. Campur semua bahan, aduk-aduk sampai tercampur rata dan licin. Diamkan kurang lebih 1 jam.

2. Panaskan cetakan. Tuang 1 sendok sayur adonan, tekan adonan yang sudah di cetakan dengan sendok sayur sampai pinggirnya membentuk renda. Tutup dan biarkan matang.

3. Lakukan hingga adonan habis.

Untuk pemakaian air kelapa aku masih blom tahu itu gunanya untuk apa, tp ada yang bilang biar kue tetep lembut walopun udah lama...hmm bener ga ya ??
Tapi yang pasti aku bahagia banget karena apemnya jadi dengan cantik dan menul-menul pula, hihiiii





Rabu, 05 Februari 2014

PUKIS



Sejatinya ...pengen bikin botok karena liat daun kemangi yang rimbun banget dihalamanku. Semua bahan udah siap...dari teri, tempe, kelapa, bumbu2...dan daunnya pun udah siap. Kenapa malah jadi pukis...? karena kelapanya terlalu tua, hikz... aku pengen botok yang kelapanya setengah tua dan basah gitu...bukan yang keriiiing... Jadinya kelapa parut aku jadikan santan aza. Dan selanjutnya jadilah adonan kue pukis, hihiiii antara botok dan pukis :P

Resepnya liat disini ya...hanya aza ga pake pandan. Eh sebenarnya pandan sujiku juga lagi rimbun lho gara-gara kehujanan terus-terusan tapi waktu itu males banget mo petik-petiknya.





Selasa, 04 Februari 2014

SUS KEJU AYAM




Event NCC-CCW ^^

Kue sus (bahasa Belanda: soes) adalah kue berbentuk bundar dengan rongga berisi fla (vla), custard, atau daging. Kue sus dengan isi vla atau custard disajikan setelah didinginkan di lemari es, karena vla atau custard yang berbahan baku susu mudah menjadi basi. Kue sus dalam bahasa Perancis disebut choux à la crème. Bentuk kue yang bundar seperti kubis menjadikan kue ini disebut choux (bahasa Perancis untuk kol).
Berbeda dengan adonan kue bolu dan cake, adonan kue sus bukan didapat dari mengocok telur atau mentega dengan gula. Adonan kue sus (pâte à choux) dibuat dari menambahkan tepung terigu ke dalam campuran air yang dimasak bersama margarin atau mentega hingga mendidih. Telur ayam ditambahkan satu per satu di dalam adonan sambil diaduk hingga adonan tidak lengket di panci. Adonan kue sus tidak menggunakan bahan pengembang seperti soda kue atau baking powder. Alat pengocok kue (mixer) hanya digunakan agar kue mengembang lebih bagus sewaktu dipanggang.
Oven yang digunakan untuk memanggang kue sus harus panas sekali (220 derajat Celsius). Panas oven mengubah kadar air yang tinggi di dalam adonan menjadi uap. Telur di dalam adonan membentuk kerangka kue yang tipis, sedangkan uap yang terperangkap di dalam adonan membuat rongga di bagian dalam kue. Adonan yang hampir serupa dengan kue sus digunakan untuk membuat kue-kue sejenis, misalnya: croquembouche, eclair, beignet, dan gougère.
Beberapa modifikasi kue sus juga terus berkembang, sehingga bentuk kue sus tidak lagi bulat, ada juga kue sus yang sudah dibentuk menjadi bentuk Angsa. Ada sus kering juga ada sus basah, tergantung cara penyajiannya (wikipedia)

Yuhuuu...setelah melewatkan yang coklat-coklatan kemarin sekarang aku hadir dengan keju-kejuan. Dan ini udah yang sekian kalinya ikutan event NCC walopun ga setiap ada event ikut sih... :D Dalam tema keju kali ini aku bikin Sus Keju Ayam... resepnya dari majalah Sedap Pemula yang edisi Rupa-Rupa Sus karena blom pernah bikin yang rasa ngeju kayak gini jadi resep tanpa modifikasi sedikitpun ato “nyonto plek” hehee... Dari kulitnya sampe isinya udah berkeju-keju gitu, jadi bisa dibayangkan lah rasanya.... Yuk ah...langsung resep yaa ;)

Sus Keju Ayam
Bahan :
100gr Margarin
200cc Air
100gr Tepung terigu protein sedang
1/4sdt Garam
3btr Telur
50gr Keju parut
25gr Keju parut untuk taburan
Cara membuat :

1. Rebus margarin dan air sampai mendidih, tambahkan tepung terigu dan garam. Aduk rata sampai kalis. Angkat dan dinginkan.
2. Tambahkan telur satu persatu sambil dikocok. Masukkan keju parut, aduk sampai menyebar.
3. Semprotkan diloyang dengan menggunakan piping bag, taburkan keju. Oven dengan api bawah suhu 200 derajat celcius sampai kue sus mengembang, kemudian kecilkan api, panggang lagi lagi hingga matang.


Bahan isi :

1 buah paha ayam atas bawah, rebus, suwir
200 cc air kaldu ayam
2 sdm susu bubuk
6 lbr keju slice, potong-potong
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
2 sdm tepung terigu
3/4 sdt garam (vi pk 1/2sdt)
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1 tangkai seledri, iris halus
2 sdm margarin untuk menumis

Cara membuat :

1. Rebus air kaldu, susu bubuk dan keju sambil diaduk sampai keju larut. Sisihkan

2. Tumis bawang bombay dalam margarin. Masukkan tepung terigu, aduk rata.

3. Tuangkan larutan keju sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga meletup-letup.

4. Masukkan ayam, garam, merica bubuk, pala bubuk dan seledri. Aduk rata.

5. Isikan ke dalam kulit sus.

Baru nyadar setelah sus masuk oven...ternyata blom ditabur keju atasnya, mo dikeluarin lagi jelas ga mungkin, huhuuu...
Oiya...satu resep isian untuk setengah resep kulit sus ya... ^^
Rasanya ngeju banget...yang doyan keju-kejuan layak dicoba nih ...




Salam Kejuuuuu ^^

Kamis, 30 Januari 2014

PUTRI SALJU COKLAT




Udah ga asing lagi kan dengan kue kering Putri Salju yang selalu menjadi idola ketika lebaran tiba bersama temennya Nastar dan Kastengel....
Kali ini aku bikin yang rasa coklat, aiiihh baru tahu Putri Salju Coklat...
Asli aku penasaran banget sama Putri Salju Coklat setelah baca resepnya di majalah Sedap Pemula. Pengen cepet-cepet bikin tapi baru kemarin kesampaian. Karena lagi ga punya stok kacang mede dan punya kacang tanah sisa bikin bronis kacang-kacangan kemarin maka kacang medenya aku ganti kacang tanah.

PUTRI SALJU COKLAT

Bahan :
100gr Kacang tanah sangrai, haluskan
50gr Margarin
125gr Mentega asin dingin
1/4sdt Garam
75gr Gula tepung
1btr Kuning telur
200gr Tepung terigu protein rendah
20gr Coklat bubuk
20gr Maizena
1/2sdt Paasta coklat
1/2sdt Baking powder
125gr Gula donat untuk taburan

Cara membuat :

1. Kocok margarin, mentega, pasta coklat, garam dan gula tepung selama 2 menit. Tambahkan kuning telur. Kocok rata.

2. Masukkan tepung terigu, maizena, coklat bubuk dan baking powdersambil diayak dan diaduk rata. Tambahkan kacang tanah , aduk rata.

3. Pulung adonan dan bentuk bulan sabit. Letakkan di loyang yang telah dioles margarin. Oven dengan api bawah suhu 140 derajat celcius selama 30 menit hingga matang.

4. Selagi panas gulingkan kue ke gula donat hingga rata dan berbalut gula.







Kalo menurut resep asli setelah kue dingin dicelupin ke DCC leleh setelah DCC beku baru ditabur gula donat tapi karena aku pernah bikin kue yang tak celupin ke DCC yang akhirnya susah beku maka kali ini aku jadi males nyelupin ke DCC, khawatir ga beku lagi hihiii...
Untuk pecinta Putri Salju ini layak dicoba....
Putsal ini bikin kemarin, rencananya mo tak bawa ke Malang hari Minggu besok jenguk kakak di pondok, pasti dia seneng deh...dia kan suka banget sama kue berbedak putih ini ^^
Oiya sekarang dia udah ga minta bikinin pastel kering lagi, mungkin dia udah sadar klo bikin pastel kering itu telah membuat Nda nya rempong banget, bikinnya cm setengah kilo tepung tapi nyubitinnya bisa seharian booo' .... :D






KETAN KINCO





Udah pada tau beras ketan kan... ? Beras ketan beda dengan beras "biasa" klo beras ketan berwarna putih, tidak transparan sedangkan beras "biasa" berwarna putih agak transparan. Beras ketan banyak dijumpai pada pembuatan jajanan tradisonal. Hampir setiap daerah punya resep jajanan yang menggunakan beras ketan.

Yang sekarang aku bikin adalah jajanan kesukaanku waktu masih kecil dan bahan dasarnya ketan putih. Jajanan kayak gini kalo ditempatku namanya Ketan Kinco, kinconya terbuat dari parutan kelapa setengah tua yang dimasak dengan gula merah dan daun pandan biasa juga disebut unti sama kayak isian kue Dadar Gulung.
Masak ketannya sama kayak bikin ketan mo buat lemper, hanya saja aku ga bisa kasih resep untuk bikin ketannya karena aku ga pernah pake takaran untuk pemakaian santan aronnya, pake kira-kira aza karena seringnya bikin lemper jadi udah asal tuang-tuang aza. Yang perlu diingat adalah klo terlalu lama merendam ketannya berarti udah ga butuh santan banyak-banyak untuk aronnya karena klo kebanyakan ketan akan menjadi lembek. Klo untinya sama kayak unti pada umumnya lah yaa...
Rasanya enak banget, buat aku ini salah jajanan tradisional yang selalu bikin kangen...





TAHU "frustrasi"





Tahu adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang difermentasi. Tahu berasal dari Cina,  seperti halnya kecap, tauco, bakpau dan bakso. Nama "tahu" merupakan serapan dari  bahasa Hokkian  (tauhu) (Hanzi: 豆腐, hanyu pinyin: doufu), yang secara harfiah berarti "kedelai terfermentasi". Tahu telah dikenal di Tiongkok sejak zaman dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalah Liu An (Hanzi: 劉安) yang merupakan seorang bangsawan, cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang yang mendirikan dinasti Han.
Versi tahu yang dikenal di Jepang adalah tofu. Tofu lebih lunak dan kurang tahan terhadap pengolahan. Tofu dan tahu dibawa para perantau Cina ke seluruh penjuru dunia sehingga menyebar ke Asia Timur dan Asia Tenggara, lalu juga akhirnya ke seluruh dunia (wikipedia)

Kenapa ini aku namalam Tahu "frustrasi" ... critanya gini, hari jumat kemarin mbak Susi nelpon udah crita kemana-mana ujung-ujungnya sampelah ke Ekaddo, dengerin crita mbak Susi yang sukses bikin Ekaddo (yang seresep hasil akhirnya 30an biji) wow! aku tergoda untuk bikin...langsung membayangkan ada 30an biji ekaddo didepan mata sementara klo pas makan di h*kb*n kan hanya cuma berapa biji aza dipiring. Mulai deh nyiapin bahan-bahan, nunggu hari senin bikinnya karena klo hari kerja tuh hampir ga ada gangguan, hihiii....



Senin pagi jam setengah 4 aku rendem kembang tahunya, ketika udah lentur aku coba lebarkan, hahh!! ga bisa dilebarkan...dipaksa malah sobek. Salahku juga sih...kenapa aku beli kembang tahu yang gulungan, tapi emang waktu itu adanya cuma itu di SPM, aku pikir setelah direndem akan dengan mudah dilebarkan. Hmm...udh kliatan nih klo gagal di kembang tahu, karena hari udah beranjak terang...nyiapin sarapan...daaaan kembang tahunya aku oseng dengan taoge dan teri, hihiiii ...suer enak lho (Y) sisanya aku masukin kulkas karena sebungkus aku rendem semua ...untungnya daging ayam blom aku apa-apain, dasar wong jowo wis gagal sik untung ae, huhuuu. Dan untuk telur puyuhnya  karena udah beli banyak jadilah makanan yang difoto itu... hihihiii . Bener-bener frustrasi karena gagal bikin ekado, dan dalam waktu dengan ini belom ada rencana mo bikin ekaddo lagi, maleees :D

TAHU FRUSTRASI ala vivi

Bahan :
350gr Tahu putih, haluskan
1bks Bihun jagung (72gr), rebus
1bh Daun bawang, iris halus
100gr Kornet
3bh Bawang putih haluskan
3btr Telur
1sdt Merica
Garam secukupnya (boleh pk penyedap rasa)
Telur puyuh rebus secukupnay
Putih telur secukupnya untuk menggoreng (kebetulan lg punya banyak putel**)

Cara membuat :

1. Siapkan cetakan kue mangkok ato cetakan muffin, oles minyak goreng tipis-tipis. Sisihkan.

2. Campur tahu, bihun, daun bawang, kornet, telur, merica, bawang putih dan garam, aduk rata. Ambil cetakan letakan setengah sendok adonan tahu, tambahkan telur puyuh dan tutup dengan adonan tahu. Lakukan hingga adonan tahu habis. 

3. Kukus adonan tahu di kukusan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu selama kurang lebih 20 menit hingga matang. Dinginkan.

4. Setelah dingin celupkan ke kocokan putel kemudian goreng.








Enak banget buat cemilan dihari hujan, dicocol saos sambel hmmm....eh tadinya aku mo foto dengan saos sambel botolan juga tapi kok ga nyambung dengan propertinya akhirnya aku ganti cabe, dan lihatlaaaah cabenya menantang sekali...merah-merah hahaaa...
Oiya sisa kembang tahu yang dikulkas besoknya aku tumis lagi dengan kekian dan sosis, hihiii... dan hasilnya enak juga ^^