Jumat, 18 Juli 2014

BOLEN ISI KACANG HIJAU




Ada kacang hijau kupas sisa bikin isian bakpia untuk pr LBT beberapa waktu lalu, hmm ...udah lama banget yaaa ..untung ga kutuan tuh kacang ijonya, hihiiii...aku lupaaa, bener-bener lupa klo masih punya kacang ijo kupas itu. Bikin kue ini adalah coba-coba... klo enak ya ada disini dan sebaliknya klo ga enak ya cukuplah ada di dapurku aza xixii...^^

Sebenarnya aku bingung mo aku kasih judul apa ini...antara Bolen Isi Kacang Hijau atau Bakpia dengan Kulit Bolen hahaa... Kue ini terbuat dari adonan kulit bolen yang aku isi dengan kacang hijau mirip atau bahkan sama kayak isian bakpia. Karena bentuknya mirip Bolen maka aku putuskan judulnya Bolen Isi Kacang Hijau :D Mungkin kalo aku bentuk bulet-bulet udah bakpia banget penampakannya. Hmm...  terlintas bahwa nama itu ga penting dan rasa lah yang lebih utama tapi disini kan yang dilihat gambar dan judulnay bukan merasakan kuenya, itulah ,,,kenapa harus milih nama yang tepat hihiii :P

Untuk resepnya aku masih menggunakan resep kulit Bolen Pisang tapi di bahan B nya aku tambah susu bubuk.

BOLEN ISI KACANG HIJAU

Bahan-bahan

Bahan A:
100 gram tepung terigu protein tinggi
1 sendok makan minyak goreng
75 gram margarin

Bahan B:
200 gram tepung terigu protein tinggi
30 gram gula tepung
15 gram susu bubuk
80 ml air
75 gram margarin

1/2 Resep Bahan Dasar Olesan

Bahan Dasar Olesan (aduk Rata):
2 kuning telur
1 sendok makan air
1 sendok teh madu

Bahan Isi:
Bahan Isi :
125gr Kacang hijau kupas, rendam semalam, kukus, haluskan
40gr Gula halus
25gr Margarin
50gr Susu bubuk
Vanilla bubuk secukupnya
------------------------------------------------ campur semua bahan, aduk rata.


Cara Pengolahan :
  1. Bagi adonan isi menjadi 10 bagian, bentuk bulat atau lonjong.
  2. Aduk rata bahan A. Bentuk bulat. Diamkan 10 menit.
  3. Aduk bahan B sampai setengah elastis. Diamkan 15 menit.
  4. Bagi adonan A menjadi 10 bagian, bulatkan. Bagi adonan B 10 bagian, bulatkan.
  5. Giling adonan B memanjang. Letakkan adonan A di atas adonan B. Lipat seperti amplop.
  6. Giling tipis adonan memanjang, gulung kemudian tipiskan lagi. Ulangi sebanyak 2 kali. Lakukan hingga adonan habis. Diamkan 15 menit.
  7. Giling adonan molen melebar. Letakkan kacang hijau di tengah, kemudian bungkus dengan kulit. Rapikan. Oles dengan bahan olesan.
  8. Letakkan di loyang yang sudah dioles margarin. Oven 25 menit dengan suhu 180 derajat Celsius. Keluarkan dari oven.
  9. Oles lagi dengan bahan olesan dan oven lagi 5 menit.




Rasanyaaaa....enaaaak, antara kulit bolen dan bakpia hihiii. Eh aku mo crita dikit tentang rasa kue ini... sama-sama pake resep ini untuk kulitnya, hanya beda isi, pisang dan kacang hijau. Yang isi pisang tuh ketika mateng kulitnya jadi lembab dan basah gitu, dan untuk yang isi kacang hijau kulitnya lebih kres kalo digigit, ga kres banget sih tapi ga selembab yang isi pisang, lebih mirip bakpia, klo suatu hari nanti aku bikin dengan adonan kulit yang sama dengan ini dan di isi kacang hijau kemudian aku bentuk bulet maka akan aku kasih nama Bakpia Isi Kacang Hijau hihiii...:D tapi bakpia yang kotak juga ada kok ya @_@
Akhirnyaaa... apapun namanya coba-coba kali ini tidak mengecewakan...:D

KUE CARA ISI




Kue Cara Isi ini adalah kue yang udah lama buanget pengen aku bikin tapi baru sempet bikin, itupun karena  beberapa hari yang lalu bersih-bersih lemari yang isinya buku-buku... sambil pilih-pilih buku mana yang masih layak untuk disimpan dan mana yang harus dimusnahkan aza. Ketika asyik bakar-bakar itulah nemu buklet dari majalah Kartini edisi 2078, tau deh itu majalah Kartini taun berapa karena majalahnya udah ga ada, tinggal bonus masakannya itu :D dan udah nyaris jadi abu aza klo aza waktu itu aku ga teriak "kakaaaak...itu buku resep, pinggirin dong biar ga kebakar" waktu itu bakar-bakarnya bareng kakak-adek. Bagian bawahnya udah kebakar tapi ga parah, tulisan resep masih utuh.... kenapa perlu diselamatkan karena disitu terdapat beberapa resep kue-kue tempo dulu :D dan Cara Isi ini salah satunya...

KUE CARA ISI

Bahan :

130gr tepung terigu
3btr telur, kocok
400cc santan
2 siung bawang putih
1sdm margarin, cairkan
1sdt garam

Bahan isi :

200gr ayam cincang
1batang daun bawang, iris halus
6 siung bawang merah, iris halus
4 siung bawang putih, cincang
1 tangkai seledri, cincang
1 buah cabai merah besar, iris halus
1 sdt merica halus
1 sdt garam
1 sdt gula
1sdm minyak goreng untuk menumis

Cara membuat :

1. Isi : panaskan minyak, tumis bawang dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging ayam cincang dan bahan-bahan lain. Masak hingga daging ayam matang. Angkat, sisihkan.

2. Campur semua bahan adonan, aduk hingga kalis.

3. Panaskan cetakan kue lumpur, oles dengan margarin. Tuang adonan 3/4 tinggi cetakan, panggang hingga setengah matang. Taburi bahan isi, panggang lagi sampai benar-benar matang. Angkat dan hidangkan.

Ada beberapa bahan yang aku rubah dari resep asli, seperti pemakaian santan yang diresep asli 350cc disini aku pake 400cc. Jugaaaa  untuk isiannya  udah aku sesuaikan dengan rasa ku ^^

Rasanya enak banget ;) rasa yang tidak membosankan dan layak untuk dicoba...




KUE LAPIS BERAS




Siapa sih yang ga kenal Kue Lapis, pecinta kue-kue tradisional pasti udah ga asing lagi dengan kue yang satu ini. Kue Lapis terbuat dari tepung beras, tepung kanji, gula, santan dan pewarna. Penambahan tepung kanji atau tepung tapioka pada adonan supaya adonan menjadi lebih lentur. Untuk rasa gurihnya berasal santan sebagai bahan cairnya. Untuk pewarnanya biasanya menggunakan pewarna alami seperti perasan air pandan atau air merang tapi tidak jarang pula menggunakan pewarna makanan. Diperlukan kesabaran untuk membuat setiap lapisannya karena dibutuhkan waktu untuk mengukus setiap lapisan-lapisannya. Kalau dulu Kue Lapis selalu tampil hanya dengan 2 warna, tapi belakangan penambahan pewarna makanan membuat Kue Lapis tampil berwarna-warni cantik. Oiya untuk perasa manisnya bisa dari gula jawa lho, Kue Lapis yang ditambah dengan gula jawa akan memberikan warna  coklat alami.

Ini adalah yang kedua kalinya aku bikin Kue Lapis, yang pertama menggunakan resep NCC dan yang ini pake resep Sajian Sedap. Kalo dulu pake warna hijau dari pandan suji, yang sekarang pake pewarna makanan pink...hohooo**


KUE LAPIS BERAS

Bahan-bahan :
1.100 ml santan dari 2 butir kelapa
3/4 sendok teh garam
3 lembar daun pandan
250 gram tepung beras
50 gram tepung sagu
250 gram gula pasir
Pewarna makanan secukupnya

Cara membuat :
  1. Rebus santan, garam, dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih. Saring. Biarkan hangat.
  2. Aduk rata tepung beras, tepung sagu, dan gula pasir. Tuang rebusan santan sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
  3. Tuang 150 ml adonan di loyang 16x16x7 cm. Kukus 10 menit dengan api sedang. Lakukan selapis demi selapis bergantian hingga adonan habis
  4. Terakhir kukus selama 30 menit.





Hmm...enak bangeeet, membayangkan klo pake pandan suji atau gula jawa pasti tambah enak deh. Tapi ini bikinnya udah lama banget, jadi sekarang hanya tinggal gambarnya hehee...
Mumpung lagi punya banyak kelapa nih, mo bikin apa lagi yaaa... ;--
Selamat berpuasa, Ramadhan hari ke 20 ^^

Kamis, 17 Juli 2014

MUFFIN TAPE




Ini hanya menghabiskan sisa tape, bisa buat takjil juga buat kami. Dan seperti hari-hari kemarin, bikin kue selalu dibantuin sama Adek. Setelah adonan udah siap giliran Adek yang beraksi, nyari dan milih cup sendiri. Yang dipilih  adalah cup yang gede, akhirnya seresep hanya jadi 3 biji, hihiiii ...yang nuang adonan ke cup juga Adek, hanya 3 biji tapi lamaaaa banget nuangnya, yasudahlah...nyantai aza ya deek sambil nunggu buka ^^
Resepnya dapet dari Sajian Sedap

MUFFIN TAPE

Bahan-bahan :
150 gram tepung terigu protein sedang
1/2 sendok makan baking powder
1/4 sendok teh garam
50 gram gula pasir halus
25 gram margarin
1 butir telur, dikocok lepas
50 gram santan kental instan dan 25 ml air, larutkan
100 gram tape singkong, haluskan
25 gram meises cokelat


Cara membuat:
  1. Ayak tepung terigu dan baking powder. Tambahkan garam dan gula pasir halus. Aduk rata. Masukkan margarin. Aduk sampai berbutir. Sisihkan.
  2. Aduk rata telur, campuran santan, dan tape singkong.
  3. Tuang sedikit-sedikit ke campuran tepung terigu sambil diaduk rata. Tambahkan meises cokelat. Aduk rata.
  4. Tuang ke cetakan muffin pendek lebar yang dialas cup kertas.
  5. Oven 25 menit dengan api bawah suhu 190 derajat Celsius sampai matang.



Alhamdulillah, biarpun cuma 3 biji itu lebih dari cukup buat kami bertiga ^^

ROLADE AYAM




Klo pas ke acara nikahan pernah liat kan di salah satu serving dish ada rolade yang berjejer menggoda...? Pengeeeeen banget makan rolade yang kayak di acara nikahan itu, jadi kayak adek aza puasa-puasa banyak yang dipengen. Nyari-nyari resep yang pernah dikasih sama Bulikku ga ketemu, sampai semua catatan resep tak turunin tetep ga ketemu. Tapi agak-agak ingat seeeh karena waktu itu sempat bikin bareng untuk acara apa gitu...lupa deh. Waktu itu bikin banyak sih, tapi intinya sekilo daging itu rotinya sebungkus. Istilah sebungkus roti itu klo untukku yang hanya seorang calon pemula ini bisa meyesatkan lho karena yang namanya roti tawar itu sebungkusnya ada yang segede guling tapi untungnya aku tau pas bikinnya jadi tau tau ukuran sebungkus roti itu yang segede gimana hehee. Oiya...Bulikku klo bikin dikasih SKM lho, alasannya biar ga nambah gula lagi karena SKM nya udah manis..hmm masuk akal juga ya tapi yang aku bikin kali ini SKM aku ganti dengan susu bubuk dan aku tambah sedikit gula. Untuk sausnya aku nyontek di majalah Sedap Pemula.






ROLADE AYAM

Bahan :

250gr daging ayam tanpa kulit
2lbr roti tawar tanpa kulit
------------------------------------ haluskan dengan menggunakan food processor

1 siung bawang putih, cincang halus
25gr bawang bombay, cincang kasar
1sdm margarin
------------------------------------  tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum

1/2 sdm kecap inggris
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
1/4sdt pala bubuk
1/2 sdt garam
1sdm susu bubuk
1 btr telur

1 atau 2 btr telur tambahkan sedikit garam untuk bikin kulit dadarnya
Sosis sapi secukupnya

Cara membuat :

1. Kocok telur, tambahkan sedikit garam. Buat dadar tipis, sisihkan.

2. Campur semua bahan dan bumbu-bumbu, aduk rata. Ambil selembar kulit dadar, ratakan adonan rolade merata di permukaan kulit dadar. Letakkan sosis di sisi yang akan digulung. Gulung dan rapatkan rolade. Kemudian bungkus dengan plastik ato daun pisang.

3. Kukus kurang lebih 30 menit. Ketika akan dihidangkan goreng dengan sedikit minyak goreng hingga sisi-sisinya berwarna kecoklatan.

** waktu aku bikin ini ...2 lembar kulit telur dadar aku jadikan satu memanjang (aku pake pan  diameter 24, hasilnya satu bulatan rolade yang gede dan gendut hihiii :D
** kalo dibungkus dengan plastik sebelum dikukus permukaan plastik ditusuk-tusuk dulu dengan jarum supaya ketika dikukus plastik tidak menggelembung.



SAUS ROLADE

Bahan :

1/2 buah bawang bombay, cincang halus
2 sdm margarin untuk menumis
2 sdm tepung terigu
500cc air kaldu
2 sdm kecap inggris
1/2sdm kecap manis
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica
gula secukupnya

Cara membuat :

1. Panaskan margarin, tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan tepung terigu. Aduk rata.

2. Tuangkan kaldu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga licin.

3. Tambahkan kecap inggris, kecap manis, garam, gula dan merica, aduk sampai meletup-letup

4. Sajikan rolade bersama saus nya





Rasanya tidak mengecewakan, bener deh...yang pengen kayak aku silahkan dicoba yaaa...dan aku kayaknya pengen bikin lagi karena Kakak yang bantuin ngetik ini udah merayuku untuk bikin lagi buat dia...:D

Rabu, 16 Juli 2014

RISOLLES ISI RAGOUT AYAM




 Gara-gara beberapa hari yang lalu jalan-jalan ke tempat orang-orang jual menu buka dan takjil sama Adek....wiiiihhh Adek kayak lapar mata deh, apa-apa pengen dibeli dan mo dimaem pas buka katanya :D padahal sehari-hari dia itu adalah anak yang paling suka pilih-pilih makanan, efek puasa kali yaa... sampai liat krupuk precet aza dia kayak sampai ngiler-ngiler gitu hihiii... mo ketawa aza sih ngeliatnya. Dan kali ini dia minta belikan empek-empek, dia minta 2, yang lenjer satu dan kapal selam satu. Dengan ukuran masing-masing yang super jumbo gitu aku ga yakin dia bisa ngabisin dua-duanya tapi dia berusaha meyakinkan aku bahwa dia bisa menghabiskan semuanya, hihiii...okelah, kita liat aza waktu buka ntr ya deeek :D
Selanjutnya akuuu...hmm dari semua jajanan dari ujung ke ujung aku hanya tertarik sama risoles dan kue lapis beras warna hijau pandan dan hitam (dari air merang)... seleraku ndeso banget yaa :D
Yeayy!! tibalah saat berbuka... mari buka-buka apa yang tadi udah dibeli. Ada yang ga sabar sama empek-empeknya nih...beneran deh begitu denger adzan Adek langsung ngambil empek-empeknya itu :D sampai harus diingatkan untuk minum dulu hihiii... pertama liat dia makan hwiiih semangat sekali dan lama-lama mulai merengek "Yah, bantuin dong yah..." dan "Nda, ga pengen ngincipi tah ?" tuh kaaaan mulai nyerah deh, udah bisa ditebak dia ga mungkin bisa ngabisin segede ituuu...hahaa...

Oiya...tentang kue yang aku beli tadi...untuk kue lapisnya aku suka banget tapi tidak untuk risolesnya. Rasa riloselnya biasa sajjah, terlalu biasa untuk harga segitu... >,<
Karena kecewa itulah akhirnya bikin iniiiii.... :D
Resepnya ambil dari Sajian Sedap tapi udah aku sesuaikan dengan rasaku...

RISOLLES ISI RAGOUT AYAM


Bahan Kulit:
150 gram tepung terigu
350 ml susu cair
1 butir telur, dikocok lepas
1/4 sendok teh garam
1 sendok makan margarin, dilelehkan
minyak untuk menggoreng

Bahan Isi:
150 gram daging ayam, rebus, disuwir-suwir
2 sendok makan margarin untuk menumis
1/2 buah bawang bombay, dicincang halus
4 sendok makan tepung terigu protein sedang
350 ml susu cair
75 gram wortel, dipotong kotak kecil, direbus
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh pala bubuk
1 1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok makan seledri, dicincang halus

Bahan Pencelup:
2 butir telur, dikocok lepas

Bahan Pelapis:
150 gram tepung panir orange


Cara membuat:
  1. Kocok lepas telur dan susu sampai rata. Tuang sedikit-sedikit ke dalam campuran tepung terigu dan garam sambil diaduk rata.
  2. Tambahkan margarin leleh. Aduk rata. Buat dadar tipis di dalam wajan antilengket diameter 12 cm. Biarkan sampai matang
  3. Isi, panaskan margarin. Masukkan bawang bombay. Tumis sampai harum. Tambahkan tepung terigu. Aduk sampai bergumpal.
  4. Tuangkan kaldu sedikit-sedikit sambil diaduk sampai licin. Tambahkan ayam, wortel, garam, merica bubuk, pala bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. Masukkan seledri. Aduk rata.
  5. Ambil selembar kulit. Beri isi. Lipat sisi kiri dan kanannya. Gulung.
  6. Gulingkan  di atas tepung panir. Celup ke dalam telur. Gulingkan lagi di atas tepung panir.
  7. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai kekuningan.





Yang ini enak banget hihiii...
Ssssttt...mumpung ada kakak jadi ada yang bantuin ngeblog :D masih ada beberapa foto lagi, terakhir pake laptop tanggal 4 yang entri Chicken drumstcik dan Muffin Tape blom sempet publis tiba-tiba tiba-tiba laptopnya ngambek itu, sejak itu udah ga bisa buka laptop hihiii tapi kayaknya juga harus pelan-pelan sih karena laptopnya gantian sama kakak -- "