Kamis, 22 Januari 2015

BROWNIES KUKUS




Bismillah ...
Bikin Brownies Kukus ini hanya dalam rangka menghabiskan coklat yang tinggal dikit, mo disimpan kok yo tanggung banget, hehee... Pake resep Ny. Liem...baru pertama kali bikin pake resep ini walopun udah lama dan udah banyak temen yang merekomendasikan hihiii ^^
Resepnya liat di Dapur Manis... Mbak Rina ijin link resep ya ^^
Rasanya brownies banget, nyuoklat...suka banget sama rasanya. Seresep itu jadi 2 loyang bulet kecil-kecil itu pas.





Sore itu... setelah poto-poto nyesel banget kenapa kok ga di poto setelah di potong biar kliatan dalamnya, mau poto-poto lagi males banget karena studionya udah bubar hihiii :D eh kok tiba-tiba ada tamu, Ichsan sama Umiknya dan Ayyashy sama Bundanya udah deh kuenya di makan bareng-bareng hihiii...jadi bersukur tadi kuenya ga dipotong pas poto-poto....^^
Dan yang bikin aku terharu waktu itu adalah ketika Ichsan bilang klo rasa kuenya "LUAR BIASA" ...adooh Saaaan ...Budhe Pipi rasanya nge-fly sampe malem...hahaa ^^ ga pernah lho Pakdhe Pitri sama kakak2 disini bilang kayak gitu hihiii...

"(Yaitu) pada hari (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain dan (demikian pula) langit dan mereka semuanya (di Padang Mahsyar) berkumpul menghadap ke hadirat Allah yang Maha Esa lagi Maha Perkasa" (QS. Ibrahim:48)

Selasa, 20 Januari 2015

DONAT




Bismillah...
Cuaca yang ga menentu...kadang dari pagi menduuuung, tiba-tiba panas sebentar, terus gerimis sampe malam...tapi ya disyukuri aja, alhamdulillah masih diberi kesempatan menikmati cuaca yang seperti ini. Mulai Senin kemarin semua udah mulai beraktifitas seperti biasa, kakak udah kembali ke asrama hari Sabtu kemarin, adek juga udah sekolah dengan fullday nya setelah beberapa hari kemarin dia meliburkan diri karena yang lain pada ikut kemah sementara dia ga ikut. Dan Ayah...ke kandand laaah...^^
Dan tiba-tiba kangen sama donat, kayaknya ga salah klo aku bikin secara disini pada doyan donat. Kali ini pake resepnya Bu Sisca aja yaa...

DONAT

Bahan :
500gr Tepung terigu protein sedang
10gr Ragi instan
1sdt Baking powder
80gr Gula pasir
2sdm Susu bubuk
1sdt Vanilli bubuk
1/2sdt Garam
2btr Telur
180cc Air
100gr Margarin
Minyak goreng untuk menggoreng

Pelengkap : DCC (lelehkan) dan meses secukupnya

Cara membuat :

1. Campur tepung terigu, ragi instan, baking powder, garam, susu bubuk dan vanilli bubuk, aduk rata. Masukkan telur dan air, uleni. Tambahkan margarin, uleni hingga menjadi adonan yang kalis dan elastis. Bulatkan dan diamkan selama 30 menit.

2. Setelah mengembang kempiskan adonan, tipiskan stebal 2cm, cetak dengan cetakan donat. Diamkan selama 15 menit.

3. Panaskan minyak, goreng hingga matang. Angkat dan dinginkan.

4. Setelah dingin celupkan salah satu sisinya ke coklat leleh dan tabur meses.






Dan inilah hasilnyaaaa...^^ pas udah di kasih meses adek datang, jadi pas banget ya...poto-poto bentar aja udah ditungguin soalnya hihiii... :D
Karena aku bukan orang yang seneng nonton tv dan jalan2 keluar rumah maka disaat kayak gini aku lebih seneng bermain didapur...

"Tidaklah menimpa seorang mukmin berupa rasa sakit (yang terus menerus), rasa capek, kekhawatiran (pada pikiran), sedih, kesusahan hati atau sesuatu yang menyakiti sampai pun duri yang menusuknya melainkan akan dihapuskan dosa-dosanya". (HR. Bukhori Muslim)

Minggu, 18 Januari 2015

PASTEL TUTUP




Bismillah ...
DWOH!! online dari jam setengah satu, maksud hati mo pasang foto Pastel Tutup ini eehh...malah sibuk uthek-uthek gambar yang lain disini ...akhirnya sampai jam tiga lebih baru buka blog, hikzz...
Jadi bingung mo nulis apa....
Oiya Pastel Tutup ini udah beberapa hari yang lalu bikinnya, jadiii udah abis dong sekarang yaaa ^^ masih pake LOCK & LOCK Oven Glass yang kece itu. Niat bikinnya udah lama dari sebelum liburan sekolah, bahan-bahan udah disiapin. Dari kacang polong, jamur kuping, kentang dll... sayangnya isiannya hanya pake wortel, jamur kuping dan ayam aja, karena anak-anakku maunya hanya itu...hmm ya sudahlah...
Langsung resep aja ya...udah Adzan Ashar nih ...



PASTEL TUTUP

Bahan kulit :
500gr Kentang, kukus dan haluskan
2 Kuning telur
50cc Susu cair
1sdm Susu bubuk
50gr Keju parut
Merica bubuk, pala bubuk, garam secukupnya

Bahan Isi
150gr Daging ayam, rebus dan iris kasar
75gr Wortel, potong dadu kecil kemudian siram air panas
3lbr Jamur kuping yang sudah direndam, potong-potong
1bh Bawang bombay, cincang kasar
1siung Bawang putih, cincang halus
1sdt Merica bubuk
1/2sdt Pala bubuk
Garam, gula secukupnya
2sdm margarin untuk menumis
Susu cair/air kurang lebih 50-100cc
Keju cheddar parut untuk taburan secukupnya


Cara membuat :

1. Campur semua bahan kulit, aduk rata sisihkan.

2. Isian : tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Tambahkan daging ayam, wortel, dan jamur kuping, aduk rata. Tambahkan air ato susu cair, biarkan mendidih. Kemudian tambahkan merica, gula, garam dan pala aduk rata. Biarkan hingga bumbu meresap dan air menyusut.

3. Ratakan adonan kentang didasar LOCK & LOCK Oven Glass yang sudah dioleh margarin, tambahkan isian, kemudian tutup kembali dengan adonan kentang. Oles dengan kuning telur, taburi keju parut.

4. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 200 derajat celcius selama 15 menit (dengan Au Bain Marie)

5. Siap disajikan.






Ini Pastel Tutup Ala Vivi .... hihiiii, apapun ituuuu yang penting orang rumah sukaaaa dan berakhir dengan wadah yang kosong... :D #senang ^^
Ini bikinnya udah menjelang sore, mateng langsung poto-poto...kenapa 2 potonya utuh, ga kliatan isinya ? karenaaa....biar rappih sampe pak suami datang...hihiiii kemudian dipake makan malam, yuhuuuu ...koyo londo maem karo kentang ___"

Udah ah....pamit dulu. Happy Baking ^^

Selasa, 13 Januari 2015

TAKOYAKI SOSIS KEJU



Bismillah...
Ketika siswa lain udah pada masuk, beda dengan kakak....karena liburnya belakangan maka masuknya pun belakangan. Dan seperti anak lain yang lagi menikmati liburan ada aja makanan yang dia minta. Salah satunya Takoyaki ini, awalnya gara-gara abis beli Takoyaki di foodcourt Matos waktu ke Malang beberapa hari yang lalu...pertama ngerasain dia langsung bilang "hmm enak, Nda ntr dirumah bikin yaa " hihiii...
Dan inilah hasilnya...pake resep Sajian Sedap. Isinya yang simpel aja...sosis dan keju. Oiya aku tambah irisan daun bawang diadonannya.

TAKOYAKI SOSIS KEJU

Bahan :

200gr Tepung terigu protein sedang
1btr Telur
1 Kuning telur
1/2sdt Garam
1/2sdt Baking Powder
400cc Kaldu ayam
1 tangkai daun bawang, iris halus

Bahan isi : Sosis dan keju cheddar secukupnya, potong-potong kecil.

Bahan pelengkap : Mayones, saos tomat dan saos sambal
 
Cara membuat :

1. Aduk rata tepung terigu, baking powder, daun bawang dan garam. Tambahkan telur, kemudian tuang kaldu ayam sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata dan licin.

2. Tuang dicetakan poffertjes yang sudah dipanaskan, biarkan setengah matang. Beri isi, kemudian putar-putar hingga menjadi bulatan bola-bola. Biarkan hingga matang.

3. Sajikan hangat dengan bahan pelengkap.


 


Dan sukses habis tak tersisa, hihiii...kakak adek doyan... :D
Adek malah bilang "Nda kapan-kapan bikin lagi ya " ....bahagianyaaa hahaa...^^

Senin, 12 Januari 2015

KIRANA'S BANANA CAKE





Bismillah ...
Ketemu pisang lagi hihiii...yang kesekian kalinya...jangan bosyen yaaa... ^^
Masih tentang Pisang Kirana, karena waktu itu aku dikasih pisang Kirananya setundun hemm...itu uakeh banget buat aku, jadi sebelum liburan ke Jateng aku masukin kulkas. Ketika aku pulang buka kulkas kulit pisang udah hitam-hitam tapi dalemnya masih bagus, bingung mo bikin apa plus capek pula jadi males aja mo ngapa-ngapain.
Ketika semua barang udah diberesin dan udah pada tempatnya, mulai deh pengen bikin sesuatu. Ada pisang, SKM coklat sachet punya kakak sisa bekal dari pondok dan bahan lain udah ada semua. Ayo bikin Cake Pisang sajjah... dan ini resep coba-coba, seperti biasaaaa klo dirasa enak ya di bagi disini tapi klo ga enak dan gagal ya cukuplah didapurku aja hihii... maklumlah yang punya dapur masih amatiran ato masih calon pemula... :D

KIRANA'S BANANA CAKE 

Bahan :

120gr Mentega (blh pke margarin)
200gr Gula halus
2 butir Telur
200gr Tepung terigu protein sedang
1/4sdt BPDA (boleh pk baking powder)
1sachet SKM Coklat
250gr Pisang Kirana
1/2sdt Vanilla pasta

Cara membuat :

1. Haluskan pisang dengan menggunakan garpu (ga harus halus banget ya), campur dengan SKM. Sisihkan.

2. Ayak tepung terigu dan BPDA, sisihkan.

3. Kocok gula dan mentega hingga lembut, masukkan telur satu-persatu. Kurangi kecepatan mikser, tambahkan tepung terigu dan campuran pisang, aduk rata. Terakhir tambahkan vanilla pasta, aduk rata. Tuang diloyang loaf yang sudah dioles margarin dan dialas kertas roti.

4. Oven dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang.

Ini aku bikin dengan bahan-bahan yang ada dirumah, klo ga ada vanilla pasta boleh diganti vanilla bubuk, pisang kirana boleh diganti pisang ambon ato pisang lainnya.






Bikinnya malem-malem pas hujan dueres...udah mateng disimpen dulu, ga ada yang berani motong klo blom di poto-poto hihiii :P
Dan rasanyaaaaa.....tidak mengecewakan, enak dan empuk banget (Y). Rasa pisang banget, SKM coklatnya tenggelam diantara pisang-pisang jadi klo seumpama ga ada SKM coklat bisa diganti dengan SKM putih.
Hmm..aku syuka banget dengan cake pisang yang udah nginep semalam, seperti ini _ _ "
Happy Baking ^^

Kamis, 08 Januari 2015

BREAD PUDDING WITH KIRANA BAN



Alhamdulillah, Allahu akbar...
hhuumm swiiiiitt huuum ^^ akhirnya kembali kerumah setelah beberapa hari menikmati liburan. Kenapa liburan disaat anak-anak sekolah pada masuk ? YAHH!! karena si kakak liburannya belakangan jadiiiii ketika anak sekolah umum sudah pada masuk kakak baru mulai libur, akhirnya adek yang terpaksa ijin libur. Padahal akuu orang yang anti libur klo bukan karena sakit, klo hanya sekedar ada nikahan ato apalah aku ga mau minta ijin ke wali kelasnya.

Okay...kali ini aku bikin bread pudding, ini sih bikinnya udah dari beberapa hari yang lalu, sebelum liburan lah tapiiiiii karena waktu itu ribbbet banget jadi baru kali ini bisa buka blog...sekalian bersih-bersih blog karena udh lama ga aku sambangi hihiiii...

Walopun udah sering banget bikin pudding roti tapi yang ini laiin lhoooo, bedanya adalah : yang pertama aku pake pisang kirana...udah pada tau blom pisang kirana ? yang rumahnya di Lumajang udah pada tau yaaa ^^ Lumajang sebagai kota Pisang selain terkenal dengan pisang Agung yang rasanya endes itu Lumajang juga terkenal dengan pisang Kirana nya, aiyoo2 yang lagi main2 ke Lumajang jangan lupa beli Pisang Kirana nya yaaa...hehee
Dan yang ke duaaa....LOCK & LOCK Oven Glass ituuuuu aiyyee!! itu barang baru lho didapurku, hohoo senangnya *,* ...kenapa aku pengen banget punya  LOCK & LOCK Oven Glass ? karena LOCK & LOCK  Oven Glass itu ringan banget lho dibanding yang merk lain...klo nyuci itu ga kuatir kebanting karena ringan bangeeet, terus LOCK & LOCK Oven Glass itu heat resistant glass ato kaca tahan panas dengan kaca borosilicate...hmm jadi ga gampang retak ato pecah klo dipanaskan dalam oven dengan suhu hingga 400 derajat celcius, aman banget dah... beda dengan yang Tempered Glass yang klo dipanaskan dengan suhu tinggi suka berubah jd warna pelangi gituu, iihh ngeri doong apalagi klo sampe retak ato pecah, aduh-aduh klo pecahannya ke makanan gimana dooong, ga bisa dibayangin deh.... juga panasnya yang merata bisa membuat kue matang sempurna. Bisa digunakan dalam oven ato microwave. Pokoknya LOCK & LOCK Oven Glass ini pas banget deh digunakan untuk perangkat makan dan dapur karena dari jenis kaca yang tidak membahayakan. Dan bentuknyaaa...aiiiihhhh keren bangeeet ...ga malu-maluin lah klo diletakkan dimeja...eitts tapi LOCK & LOCK Oven Glass ini tidak untuk menyimpan barang ato makanan lho yaa. Dan ada 4 klik disisi-sisinya yang dilengkapi dengan silicone seal...jadiii klo mo ditutup dulu makanannnya tinggal klik-klik aja dan makanan tetep terjaga rasanya, asyiik kaaan ^^
Daaaaaan semua itu udah aku buktikan lho dengan membuat bread pudding iniiii...






BREAD PUDDING WITH KIRANA BAN

Bahan :
5lbr Roti tawar tanpa kulit
Mentega secukupnya untuk olesan roti (pk margarin jg gpp, tp rasanya lbh enak pake mentega #yaiyalah :P
50gr Kismis, rendam sebentar dalam air hangat
3btr Telur
400cc Susu cair
50gr Gula pasir (klo kurang manis boleh ditambah)
Vanilla pasta secukupnya
Pisang kirana (potong bulat) dan keju cheddar parut secukupnya

Cara membuat :

1. Oles roti tawar dengan mentega ato margarin, potong-potong sesuai selera. Sisihkan.
2. Aduk rata susu, gula, telur dan vanilla pasta hingga rata.
3. Tata roti tawar dalam LOCK & LOCK Oven Glass, tambahkan pisang Kirana dan kismis. Kemudian tuang campuran susu. Tabur keju parut.
4. Oven pudding dengan Au Bain Marrie selama kurang lebih 30 menit dengan suhu 170-180 derajat celcius.

Liat tuuh bread pudding kuu.... menggoda kaaan dengan LOCK & LOCK Oven Glass yang cantik...? aiiiiihhh bener-bener aku dibikin djatuh tjintah deh hahaa...jadi pengen nge date lagi nih sama LOCK & LOCK Oven Glass.... ^^