100% ANTI GAGAL !! Resep dan cara membuat ROTI MARYAM lembut, empuk, berlapis


Bismillah,

Assalamualaikum hai semuaa, apa kabar hari ini ? semoga kalian baik-baik aja dan selalu dalam lindunganNYA aamiin, tetep jaga kesehatan karena virus masih berkeliaran dimana-mana, selalu hidup bersih, makan enak, selalu tersenyum, rajin cuci tangan, kalo ga penting banget jangan keluar rumah, mending dirumah bikin kue sama aku hihii... tapi kalo emang harus keluar rumah jangan lupa pake masker yess... hemmm

Baiklah ... yuk kita kembali kesini ya, kali ini aku membuat roti maryam lagiii, tapi yang ini sekalian aku bikinin video step by stepnya karena banyak banget permintaan, dikomentar youtube juga yang japri ke aku. Sebenarnya aku pengen bikin udah dari lama siih tapi baru bisa terlaksana, maafkan daku yaa..

Resep yang ini beda sama resep yang dulu ya, yang ini aku rasa lebih irit dan perhitungan modalnya lebih kecil kalo mo dibuat jualan tapi soal rasa jangan diragukan deh, tetep yummy pokoknya. Dari resep yang lama itu ada banyak temen yang sudah mempraktekkan, beberapa sukses dan dibuat bakulan, beberapa juga gagal, hemm sedih klo denger ada yang gagal. Mereka bilang kenapa rotmarku ga berlapis ya mbak Vi ? kenapa keras, ga lembut ? kenapa ketika mo dipanggang ga bisa ditipiskan (ditipiskan kemudian mengkerut) ... ntar disini aku mo jawab satu satu ya... hihii (koyok wes pinter puoll modele  )

Dari sekian banyak kue yang pernah aku buat roti maryam adalah kue yang paling lama proses pembuatannya hehe ... untuk menghasilkan roti maryam yang berlapis-lapis gitu emang dibutuhkan waktu yang lama karena dikerjakan satu-satu, maksudnya ga seperti cake yang mikser, aduk-aduk, tuang, panggang.... mateng deh. Tapi kalo kita bikin roti maryamnya dalam jumlah banyak, sekilo atau 2 kilo tepung misalnya... kita ga capek nunggu-nunggu waktu. Maksudnya begini ...adonan yang pertama kali dikerjakan otomatis didiamkan selama proses semua adonan selesai kan ? nah ... jadi adonan yang pertama bisa lanjut ke proses berikutnya, ngerti kan ya ? 

Dibeberapa resep diluar sana ada yang merendam adonan ke dalam minyak goreng semalaman tapi kalo aku bikin ga perlu merendamnya diminyak goreng, cukup didiamkan disuhu ruang aja.

Selanjutnya kenapa roti maryamnya ga berlapis, kenapa adonannya patah ketika ditarik untuk dipanjangkan dan ga bisa ditipiskan/berkerut ketika udah ditipiskan ? jawabnya ... setiap selesai membulatkan, mengoles margarin, menggulung harus didiamkan terlebih dahulu, adonan yang telah didiamkan beberapa saat akan membuat adonan menjadi lentur... nah setelah lentur akan mudah untuk ditipiskan dan ditarik untuk digulung, ngerti ya temen-temen ? pasti ngerti deh,, aku yakin kalian pasti lebih pinter daripada aku hihii, okey langsung resep aja ya, ini yang aku bikin setengah resep aja.

ROTI MARYAM

Bahan :

500 gr tepung terigu 

15 gr susu bubuk 

1/2 sdt garam

1 butir telur

100 cc minyak goreng

225 cc air hangat

Cara membuat :

1. Dalam wadah, campurkan telur, susu bubuk, minyak goreng, garam dan air hangat. Aduk rata, kemudian tambahkan tepung terigu, uleni hingga kalis.

2. Bagi adonan menjadi 11 bagian kemudian bulatkan. Tata diloyang atau wadah tertutup, oles permukaannya dengan minyak goreng, diamkan selama satu jam.

3. Setelah satu jam, adonan sudah lentur... selanjutnya tipiskan dengan ditekan-tekan dan ditarik. Setelah ditipiskan oles rata dengan margarin, gulung memanjang. Gulungan adonan tadi tutup dengan plastik kemudian diamkan selama satu jam.

4. Setelah satu jam adonan sudah lentur banget, kemudian tarik-tarik memanjang, semakin panjang akan semakin tipis lapisannya. Kemudian gulung kedua ujungnya berlawanan arah, pertemukan ditengah dan satukan. Diamkan lagi satu jam atau hingga lentur. 

5. Setelah satu jam atau setelah lentur adonan siap dipanggang. Siapkan kertas nasi (satu lembar dibagi 4) atau daun pisang juga boleh, letakkan adonan diatasnya, tutup dengan kertas nasi lagi supaya ga lengket ketika ditipiskan. Selanjutnya tipiskan menggunakan rolling pin atau tekan dengan talenan (ini yang biasa aku lakukan, kemarin nyari2 talenan yang biasa aku pake ga ketemu hihii, aku lebih suka pake talenan karena hasilnya sama rata). Angkat kertas rotinnya kemudian balikkan ke atas wajan datar yang sudah dipanaskan terlebih dahulu (fungsi kertas atau daun itu untuk memudahkan memindah adonan ke atas wajan)

6. Panggang roti maryam hingga matang atau hingga coklat kedua sisinya.

Untuk yang mau dibekukan, memanggangnya jangan sampai coklat banget ya, karena nanti akan dipanaskan ulang 



 

Gimana, mudah kan cara bikinnya ? hanya butuh kesabaran aja hihii... eitss ada yang ketinggalan nih... selama ini aku menggunakan tepung terigu serba guna (segitiga biru), jika ada yang mo bikin menggunakan tepung terigu high pro silahkan aja, sepertinya hasilnya lebih bagus hanya aja aku blom pernah nyoba hehe. Dan margarinnya ... ntah kenapa untuk roti maryam ini aku lebih sreg menggunakan blueband yang 4.5kg .. (iki uduk endorse lho reeek hihii )

Akhirnya ... semoga tulisanku yang panjang ini bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan kalian yang sudah pernah bikin roti maryam tapi "gagal", dan untuk resepnya kalian bisa menggunakan resep roti maryam sebelumnya disini atau resep yang ini... dengan step by step yang sama tentunya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, salam ROTMAR !!

jangan lupa klo udah bikin kirim-kirim ke aku yaa hihii


untuk detail step by stepnya silahkan kepoin video dibawah ini, jangan lupa like comment and share, iyuhuuu

https://youtu.be/iAS9jRy3ewE


Comments