TATABUN (MADURA)





Kue ini kubuat dalam rangka berpartisipasi dievent Indonesia Food Week NCC. Dulu waktu aku masih kecil aku pernah dibelikan kue ini. Seingatku rasanya tdk terlalu manis dan ada rasa kelapa parut disetiap gigitannya krn rasa yg tdk terlalu manis itu ada beberapa pembeli yang minta dikasih gula merah cair (dikicir gula merah) atau penjualnya yang tanya mo dikicir gula merah atau kelapa parut dan dijualnya bareng sama orog-orog, lopis, apem kicir, cenil dll. Dan kali ini aku mencoba untuk membuatnya berbekal resep yang aku dapatkan dari majalah sedap sekejap walaupun sebenarnya aku bukan orang madura tp setidaknya udah mewakili masyarakat probolinggo yg sebagian besar warganya adalah dari suku madura. Untuk temen-temen semua berikut ini resepnya, toree buuuuu.....
TATABUN
Bahan :
250 gr kacang hijau, direndam 2 jam
500 ml air ( aku pake 750ml )
75 gr tepung beras
175 gr gula merah, disisir (aku pake gula palem ga punya gula merah)
1/2 sdt garam
25 gr tepung kapioka
100 gr kelapa setengah tua, parut kasar
Bahan taburan :
100 gr kelapa setengah tua, parut kasar
1/4 sdt garam
Cara membuat :
1. Rebus kacang hijau hingga lunak.
2. Aduk rata kacang hijau rebus, tepung beras, gula, garam dan tepung tapioka.
3. Tambahkan kelapa parut, aduk rata.
4. Tuang ke loyang persegi 18cm x 4 cm yang dioles minyak goreng dan dialas daun pisang. (aku pake cetakan bolu sakura).
5. Kukus 30 menit.
6. Kukus kelapa untuk taburan dan garam, 15 menit.
7. Potong-potong kue, sajikan dengan taburan kelapa parut.

Comments