CAKE TAPE





Lagi punya tape nih, iseng-iseng bikin cake tape. Bukan yang pertama sih tapi baru kali ini tergambar dengan rapi maklumlah lg kemaruk sama food photography, ahaayy....
Kali ini adonannya aku menggunakan metodhe butter type yakni margarin/mentega dikocok bersama gula sampai lembut lalu ditambahkan telur satu persatu bergantian dengan tepung terigu kemudian masukkan bahan tambahan lainnya. Untuk tape yang digunakan pilih tape matang dan manis ya biar rasanya oke...bisa juga adonan dicampur dengan chocochip, keju, almond, kenari, kelapa muda atau kismis. Dan kali ini aku bikin dengan campuran almond cincang.
Untuk cetakannya suka-suka ya...boleh pake loyang tulban, loyang kotak atau dengan loyang muffin.
Oiya...sedikit yang aku tau tentang loyang dan cake tape. Karena adonan cake tape agak basah maka butuh waktu yang agak lama untuk proses pematangan so ada baiknya menggunakan loyang tulban karena bisa mempercepat proses pematangan. Kalaupun menggunakan loyang kotak atau bundar gunakan yang pendek aza ya....atau bisa juga menggunakan loyang muffin seperti yang aku buat saat ini, loyang muffin bisa tanpa cup kertas tapi harus dioles dengan margarin dulu tapi boleh juga menggunakan cup kertas. Suka-suka aza ya... :)



Cake Tape
by. Sedap Pemula

200gr Margarin
100gr gula pasir halus
150gr tape singkong yang udh dibuang seratnya, haluskan
25gr SKM putih
5btr telur
150gr tepung terigu protein sedang
1/4sdt BP
50gr kenari, cincang kasar

Cara Membuat :
1. Kocok margarin bersama gula selama 7 menit sampai lembut.
2. Tambahkan tape, kocok rata
3. Tambahkan SKM, kocok rata.
4. Masukkan telur satu persatu bergantian dengan tepung terigu yang telah dicampur dengan BP.
5. Masukkan kenari, aduk sampai menyebar.
6. Tuang diloyang yang sudah dioles margarin.
7. Oven 180 derajat celcius selama kurang lebih 25 menit sampai matang.






Comments