LBT#11 TRES LECHES CAKE





Alhamdulillah …akhirnya PR ini selesai juga, legaaaaa….biarpun beberapa hari sempet bingung membayangkan apa jadinya sepotong cake yang disiram susu banyak-banyak >,< …. Resepnya nyontek plek punya Ibu Host Vivi Nowotny yang cantik tapi untuk yang ini aku bikin rasa coklat sesuai saran mbakyu Dida Rachmadiah biar ga terlalu eneg dan kebeneran aku suka rasa cake yang nyoklat. Untuk susu siramannya karena aku nyari susu evaporasi ga ada juga krim kentalnya ga ada jd aku pake campuran UHT ultra plain, SKM coklat dan Whippy Cream yg udah aku tambahkan air suhu ruang sesuai pentunjuk, waktu itu aku bikin cuma 1/3 resep karena aku bikin cakenya cuma setengah resep hasil jadi 4 cup, yang 1 cup aku makan waktu blom aku siram susu karena penasaran gimana rasanya cake yang tanpa mentega/margarine  dan sisanya 3 cup aku siram susu…

Inilah hasil menyimak penjelasan ibu Host, menyimak setiap pertanyaan dan jawaban dari temen-temen dan juga para Host yang cantik…TRES LECHES CAKE yang rasanya susu banget dan kenyes-kenyes ketika dimakan dengan tekstur cake yang masih kliatan cake walopun udah basah kuyup oleh susu tapi jika ada yang nanya apa aku mo bikin lagi jawabnya “ga janji deh…” buat aku ini udah cukup membuktikan klo aku bisa bikin dan aku udah merasakan kuenya…. :-D


Tres Leches Cake ( Pastel de Tres Leches )

Source by The Pioneer Woman

Modified by Vivi Nowotny


Bahan :

120 gram tepung terigu

20 gram coklat bubuk

1 ½ sdt baking powder

¼ sdt garam

5 butir telur, dipisahkan

180 gram gula pasir, ( dibagi menjadi 140 gram dan 40 gram )

1 sdt pasta coklat

80 ml Susu cair

Bahan siraman :

350 ml susu evaporated (aku pake UHT Ultra)

350 ml susu kental manis

60 ml krim kental (aku pake whipy cream yg udah aku ber air suhu ruang)


Untuk Frosting :

Aku pake BC special ITARA


Caranya :

1. Panaskan oven ke 180 derajat celcius, siapkan cup case…

2. Ayak tepung, baking powder dan garam; sisihkan.

3. Dalam mangkuk besar. Dengan menggunakan mixer kecepatan tinggi , kocok kuning telur dan 140 gram gula pasir hingga kental dan berwarna pucat. Tambahkan susu cair dan pasta coklat kedalamnya, kocok kembali hingga tercampur rata - kocok sebentar saja.

4. Tuang campuran kuning telur tadi ke dalam campuran tepung dengan menggunakan spatula karet, dengan teknik aduk balik secara perlahan sampai tercampur rata.

5. Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi hingga mengembang, kemudian masukan 40 gram gula pasir. Kocok kembali hingga soft peak ( yaitu dikocok hingga kaku tetapi tidak kering )

6. Masukan 1/3 adonan tepung kedalam adonan putih telur dengan menggunakan Spatula karet, aduk rata. Kemudian masukkan kembali campuran putih telur tadi ke dalam adonan tepung, ( Tehnik ini disebut tehnik pancing agar adonan dapat tercampur sempurna ). Aduk - aduk adonan perlahan dengan cara di aduk balik sampai tercampur rata ( homogen ).

7. Tuangkan adonan kedalam loyang/cup. Panggang selama 35 sampai 45 menit ( gunakan dengan test tusuk ). Angkat loyang kue dan biarkan dingin selama kurang lebih 1/2 - 1 jam. Sementara itu untuk membuat siraman, campur dan aduk rata susu kental, susu evaporated dan krim kental di dalam wadah. Sisihkan.

8. Setelah cake dingin. Tusuk - tusuk perlahan permukaan cake menggunakan tusuk gigi atau garpu, dibeberapa bagian cake agar saat cake disiram dengan susu akan terserap lebih baik dan susu tidak menggenang di atas permukaan cake.
Secara perlahan siramkan campuran 3 Susu tadi diatasnya ( saat di siramkan, cake masih di dalam loyang).

9. Masukkan Cake ke dalam lemari es dan biarkan susu sampai betul - betul menyerap ke dalam cake ( semalam ). Dengan begitu susu akan terserap baik dan tekstur cake akan lebih lembut dan berongga.


10. Penyajian. Hias dengan BC diatas cake menggunakan spuit dan beri hiasan buah cherry.

** Mbak Dida Rachmadiah, terimakasih untuk setiap jawaban pertanyaanku, support dan resep BCnya, siap2 aza ntr sewaktu2 aku nanya2 lagi …:-D #big hugs




Ini penampakan cake yang udah aku bongkar paksa untuk kasih liat dalamnya...:D kliatan basah kan...???


Comments