MARMER CAKE



Bismillah...
Bikin marmer cake itu ga pernah membosankan apalagi yang lembut ga nyereti ketika dimaem dan resep marmer cakenya pak Sahak adalah yang paling sering dibikin.
Tapi untuk kali ini maunya bikin yang beda, pengen nyobain resep lain maksudnya. Kebetulan abis dikasih resep sama Shelly, semangat banget mo bikin...setelah nyiapin semua bahan eh ternyata telurnya tinggal 5 butir. Mo beli males banget keluar rumah..puanas pol. Akhirnya bikin marmer cake pak Sahak karena udah terlanjur semangat hihiii...

MARMER CAKE PAK SAHAK

Bahan :
5btr telur
125gr gula pasir
1sdt emulsifier (aku pk sp)
1sdt pasta pandan
150gr tepung terigu serba guna
15gr tepung maizena
15gr susu bubuk
100gr margarin (cairkan)
50gr minyak sayur
1-2sdt pasta coklat

Cara membuat :
1. Siapkan loyang bulat diameter 20 tinggi 7cm. Alas kertas roti dan oles margarin. Sisihkan.

2. Ayak tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk.

3. Kocok semua bahan kecuali margarin dan minyak goreng hingga kental berjejak (all in one methode). Matikan mikser, tambahkan margarin dan minyak goreng. Aduk balik dengan spatula.

4. Ambil 3 sendok sayur adonan kemudian tambahkan pasta coklat. Aduk rata.

5. Tuang adonan ke dalam loyang tambahkan adonan coklat dibeberapa tempat. Bentuk motif marmer dengan menggunakan garpu atau lidi.

6. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang.

Sampe saat ini masih suka banget sama resep ini..pokoknya klo mo pergi kemana gitu ato ada sodara mo datang marmer cake selalu jadi andalan..hihii... tapi aku masih kebayang-bayang marmer cake nya shely yg lembab itu...huhh!!
Eh iyaaa...ini sengaja aku kasih sedikit pasta pandan biar kliatan agak hijau gitu ...tapi ga hijau banget yaa...

Mau mencoba ? Heeeyy...udah sering kali yaaa hahaa
Ok dweh....selamat hari minggu semwah... ^^



Comments

  1. Mba boleh dong saya mnt resepnya mba selly yg marmer cakenya lbh lembab itu...penasaran mba...tq ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear jeani...ntr klo aku udh bikin segera aku share disini yaa. Tengkyuu... ^^

      Delete
  2. mba.. kemarin ak coba kok ga kental2 ya adonannya?? padahal udah di mixer 10 menit lebih. alhasil bantat deh :( sp yang ak pake sie udah agak lama ya. cuma karena gak ada exp nya ya ak pake aja. apa berpengaruh ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hay mba' indah...sayang sekali ya cake nya bantet tp aku mau kok klo dikasih #lho!
      Hmm..gini mba, sblm membuat cake pastikan sma bhn yg akan dipake dlm kondisi msh bagus. Timbang dgn ukuran yg tepat. Pemakaian loyang dan temperatur suhu oven jg tepat. Klo sma udh "ok" tp msh bantet ato gagal berarti perlu diperhatikan sekali lg dibagian mn yg bikin cake gagal. Utk pemakaian emulsifier (sp, ovalet dll) klo emang itu sp sisa lama dan waktu bikin dl hasil cakenya bagus berarti emang ada masslh di sp nya :)
      Oiya...ada bbrp temen yg menghilangkn pemakaian sp dan hsl nya tetep cantik walopun tanpa sp.
      Mba indah bikin lg yuuk, ini cake yg mudah bgt lho...ntr klo udh bikin kirim2 aku yaa hehee..
      Happy baking ...^^

      Delete
    2. Assalamu'alaikum mbak vivi aku srg ngiler klo liat semua pd berhasil bwt resep ini. Klo aku kog gagal trs ya mbak sdh sering kali coba dan gagal semua. Teeutama semua resep yg pakai teknik all in one methode knp aku gagal trs ya mbak. Kasih tipnya dong mbak atau tlg dishare step by stepnya hihihi makasi sblmnya

      Delete
    3. Wa'alaikumsalam mbak asri...
      Klo menurutku sih pk all in methode tuh lbh mudah dan ga ribet mbak dan aku sering pk cara ini...untuk bikin bolgul jg.
      Tipsnya apa yaa ? Ouh mungkin gini mbak ...ketika menimbang bahan dalam wadah yg mo dipake buat mikser adonan... usahakan bahan kering terpisah dengan telur kemudian ketika mengocok miringkan wadah dan mulai mikser dari telur dl biarkan bahan kering jatuh dengan sendirinya ke kocokan telur... kocok trs hingga semua bahan tercampur rata dan kental berjejak. Smg cara ini bs membantu, tp sebelumnya pastikn semua bhn dlm kondisi bagus ya mbak ^^
      Mbak asri mo coba lg kan ? Ayo semangat mbak ;) happy bakiiiiiing ♡♡♡

      Delete
  3. Mbaaa... apa salahkuuu?? Percobaan selanjutnya si cake mau kembang di menit ke 15 daan dia tidak bantat :) tpi kok malah permukaan cakenya meletuss... dasar cake jg cembung ke atas :'( tapiiii semuaa terbayarkan dengan rasanya yg enaaakkkk dan lembyuutt..... :)) oya mba kl dengan resep ini pake metode sponge cake lebih lembut yg mana ya?? Makasi mbak... maaf curcol ga jelas... hee.. :)

    Indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak indah...
      Horeeee cakenya udh g bantet,,yeay!!
      Hmm...klo menurutku knp cake nya meletus dan dasar cake cembung ke atas itu karena terll gede apinya mbak. Karena masing2 oven beda2 karakternya jadiiii ayooo bljr mengenali oven milik kita. Hehee tapi teteeeeeep ... akan lbh muda jika ada pengatur suhunya ;)
      Antara methode sponge dan all in one...aku lbh suka all in one karena klo dengan all in one hsl akhir cake pori2 lbh aluuuus dan cake lbh kokoh.
      Bikin lg yuuk.... happy bakiiiing ♡♡

      Delete
  4. Mbak Vivi, terima kasih atas resepnya. Saya buat marmer cake dari beberapa resep, jadinya selalu tidak memuaskan, terutama dengan texture nya. Saya coba resep mbak ini, alhasil bagus sekali jadinya, dan rasanya enak. Texturenya juga lembut. Ibu saya langsung bilang, wah tumben jadinya bagus hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yens ...wah senengnyaaa *,*
      Sungkem buat Ibu ya mbak ^^
      Happy baking ♡

      Delete
  5. hay mb vi... suka deh sm blog mb. cuma kenapa ya mb aku kl bikin cake dg tehnik all in one 4x gagal terus...hiks sedihnya. Padahal kl aku liat textur cakenya tampak lembut dan berpori halus. Aku selalu gagal saat pengocokan ..sudah 10 menit (bahkan kadang lbh 2-3 menit) selalu adonan msh encer..ngga mau ngembang. Di situ persoalannya mb. Tapi kl bikin yg spon cake, telur & gula dikocok lbh dulu bisa tuh ngembang dan kental berjejak. Salah di mananya ya kira2?
    Sampe skrg blm berani coba lg tehnik ini. Bolak balik yg dibikin cake dg pengocokan telur & gula lebih dulu
    Makasih sebelumnya mb

    ReplyDelete

Post a Comment