BROTA / PASTEL ISI KACANG HIJAU



Bismillah ...

22 Nopember, maaaap baru bisa hadir disini. Lagi banyak yang dikerjain nih di dunia nyata, sekali lagi maaf yaaa...
Pa kabar kalian, udah pada musim hujan kah disana ?? pastinya yaa.. sepertinya hanya ditempat ku yang hujannya datang belakangan. Tiap kali musim hujan disini selalu belakangan jadiii ketika didaerah lain udah hujan deres bahkan sampe banjir-banjir disini blom juga sekalipun. Yang kali ini aja, udah dari kapan itu temen-temen udah cerita hujan tapi disini baru 2 kali hujan, hari Sabtu kemarin deres banget dan semalam tapi ga deres. Disukuri aja lah, walopun kadang suka cemburu jika ada temen-temen  crita tentang hujan ato nulis status "hujan deres nih..." hehee..
Hmm.. kenapa ya klo hujan-hujan kok selalu  ingat cemilan ato selalu pengen ngemil, apa kalian juga merasakan hal yang sama ? yang namanya gorengan yang masih anget rasanya kok nikmat banget pas musim hujan tiba. Lupa diet lah klo kayak gini hahaa, ntar musim hujan lewat yang ada badan tambah lebar huhuuu..
Untuk cemilannya nih... klo bisa bikin kenapa harus beli, ya ga ?? bikin yang gampang aja, yang bisa disimpen dikulkas dan yang pasti disuka orang rumah. Kalopun pengen bikin yang langsung bikin juga bisa, yang gampang-gampang aja, yang ga ribet dan yang tingkat kegagalannya kecil banget hahaa.. mungkin seperti pisang goreng, sus goreng, terbul mini ... gampang banget kan bikinnya. Aku yakin kalian pasti lebih jago lah dalam hal ini... vivi mah ilmunya masih seuprit, sok-sok kasih tau lagi hahaa..
Dan kali ini aku bikin Brota, mungkin ga banyak yang mengenal jajanan ini. Kue yag mirip pastel tapi isinya kacang ijo yang kayak isian onde-onde tapi ditambah kapulaga. Bisa dibayangin kan yaa...biasanya dibikin homemade dirumah-rumah warga keturunan Arab dan dijual beku. Naaahh... aku pernah dikasih sama ammahku dan tertarik untuk bikin. bikinnya seperti bikin pastel pada umumnya.

BROTA / PASTEL ISI KACANG HIJAU

Bahan kulit :

250gr Tepung Terigu (vi pk segitiga)
1 kuning telur
50gr Margarin
4sdm Minyak goreng
100cc Air (jangan dituang semua)
Sedikit garam

Bahan isi :

250gr Kacang ijo kupas rendem 2 jam
100gr Gula pasir
1/2sdt Garam
Kapulaga secukupnya (boleh pake vanilli bubuk jika tidak suka dengan kapulaga)
Air secukupnya (bisa diganti dengan santan)

Cara membuat :

1. Cara membuat isi : kukus kacang hijau yang telah direndem hingga empuk dan haluskan selagi panas. Kemudian campurkan semua bahan isian, tambahkan air secukupnya aja dan masak dengan api kecil, hingga air menyusut dan adonan padat. Bulatkan kacang ijo secukupnya aja, sesuaikan dengan diameter kulitnya. Lakukan hingga habis dan sisihkan.

2.  Campur semua bahan kulit, kemudian uleni hingga kalis (untuk pemakaian air, tunag secukupnya dulu) Kemudian giling tipis dengan menggunakan gilingan pastel (jangan terlalu tipis ya) cetak bulat kurang lebih diameter 8-9cm.

3. Ambil selembar kulit, letakkan isian ditengah kemudian tutup dengan selembar kulit lagi. Pilin pinggirnya, pelan-pelan aja ya milinnya biar cantik dan seksi tapi kalo udah mahir milin sambil merempun pasti cantik, hahaa.. lakukan hingga habis.

4. Bisa langsung digoreng atooo... bisa disimpen dulu di freezer. Kalo mau disimpen difreezer, bekukan dulu satu-satu tujuaannya supaya ga saling nempel satu sama yang lain.

5. Satu resep isian itu bisa untuk 2 resep kulit nya atau klo kebanyakan bikin 2 resep kulit pastel isinya bisa digunakan untuk isian yang lain.





Untuk cemilan yang yang dibekukan gini nih... jika mau digoreng disarankan untuk terlebih dulu dikeluarkan dari freezer hingga suhu ruang. baru setelah itu digoreng. Diwaktu senggang kita bisa bikin beberapa kue-kue yang bisa dibekukan jadi ketika sewaktu-waktu kita butuh tinggal keluarin harta karun yang ada dalam freezer... asik kaaan ?? klo bisa bikin kenapa harus beli, ya ga ... hahaa
Udah siap untuk bikin cemilan hari ini.. ??

Musim hujan gini, tetep jaga kesehatan yaa... siapkan makanan hangat untuk keluarga tercinta Moms... ^^

Comments

  1. Makassar juga hujan tiap hari nih, mba.
    Dan segala jenis gorengan di musim hujan memang sangat nikmat, mmmmm....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mbak Imaaaa...
      duh baru buka blog nih, bbrpa hari rempong banget mbak, sampe lupa sama blognya. huhuuu
      disini udah mulai panas mbaaaakk...

      Delete

Post a Comment